RSUD Solok Resmi Berganti Nama Menjadi RSUD Mohammad Natsir

Diwakili Walikota Solok Zul Elfian, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menandatangi prasasti pergantian nama RSUD Solok menjadi RSUD Mohammad Natsir.
Diwakili Walikota Solok Zul Elfian, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menandatangi prasasti pergantian nama RSUD Solok menjadi RSUD Mohammad Natsir. (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Setelah melalui proses yang cukup lama, Rumah sakit milik pemerintah provinsi Sumatera Barat yang ada di kota Solok akhirnya resmi berganti nama dari Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok menjadi RSUD Mohammad Natsir.

Peralihan nama rumah sakit yang menjadi pilihan utama masyarakat di wilayah Sumbar bagian tengah itu diresmikan langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang turut didampungi Walikota Solok Zul Elfian, Selasa (22/1).

baca juga: Wako Solok Minta Pimpinan OPD Aktif Turun Ke Masyarakat

Gubernur menjelaskan, dengan pergantian nama RSUD Solok menjadi RSUD Mohammad Natsir juga akan membantu persoalan administrasi karena kesamaan nama antara rumah sakit milik Pemprov Sumbar dengan rumah sakit milik pemerintah kota Solok yang tengah dibangun.

"Alhamdulillah akhirnya, pergantian nama RSUD Solok menjadi Mohammad Natsir terlaksana, jadi akan ada perbedaan antara rumas sakit yang dibuat Pemerintah Kota Solok dengan rumah sakit provinsi ini," ungkap Irwan.

baca juga: Kabar Gembira, Pasien 05 COVID-19 Kota Solok Sembuh

Menurutnya, lantaran karena nama yang sama, sebelumnya dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp33 miliar dari pusat sempat masuk ke dalam rekening Pemkot Solok , padahal yang seharusnya untuk RSUD Solok tersebut dan akhirnya dikembalikan ke pusat.

"Dengan adanya pergantian nama menjadi RSUD Solok menjadi RSUD Mohammad Natsir hendaknya juga dibarengi terus dengan meningkatkan pelayanan kesehatan dan inovasi-inovasi lainnya yang akan memajukan rumah sakit tersebut," harap Gubernur.

baca juga: 47 Tahun Berdiri, Rumah Makan Sudi Mampir di Solsel Selalu Sediakan Makanan Gratis

Wali Kota Solok , Zul Elfian mengatakan keberadaan rumah sakit provinsi Sumatera Barat di selama ini sangat dirasakan manfaatnya dan menjadi fasilitas kesehatan rujukan oleh masyarakat dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

"Sarana rumah sakit yang lengkap, membuat masyarakat merasa nyaman dan sangat terbantu untuk berobat di Rumah sakit yang kini telah berubah nama menjadi RSUD Mohammad Natsir," jelas Zul Elfian.

baca juga: Utamakan Keselamatan Siswa, Pemko Solok Masih Pertimbangkan Sekolah Tatap Muka

Penggunaan nama Mohammad Natsir, sebut Zul Elfian, tentunya telah menjalani proses yang cukup panjang melalui musyawarah dan berbagai tahapan. Dengan disandangkannya nama M. Natsir, menjadi inspirasi bagi semua pihak.

Dirut RSUD Solok , dr. Ernovianna menjelaskan, pergantian nama tentunya juga telah dibarengi dengan upaya dan semangat perubahan dalam peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Apalagi RSUD Mohammad Natsir ini menjadi kebangaan dan rujukan beberapa daerah selain Kota dan Kabupaten Solok , juga menjadi rujukan Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Dharmasraya.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah