Jelang Lebaran, Dishub Pasaman Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Laik Jalan

Petugas Dinas Perhubungan Pasaman saat memeriksa kelengkapan bus
Petugas Dinas Perhubungan Pasaman saat memeriksa kelengkapan bus (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Dinas Perhubungan Pemkab Pasaman melakukan pemeriksaan kendaraan laik jalan angkutan umum dan barang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, di depan kantor Pengendali Terminal Benteng Lubuk Sikaping, Selasa 5 Juni 2018.

"Dari sekitar 30-an bus yang diperiksa, ditemukan sekitar 10 unit bus tidak laik jalan. Di antaranya tidak KIR, tidak izin trayek dab asoransi kadaluarsa dan lainnya," kata Kepala Bidang Lalin Dinas Perhubungan, Zulfahmi pada KLIKPOSITIF , Senin siang.

baca juga: Pilkada Pasbar, Koalisi Parpol Pengusung Erick - Syawal Rampungkan Struktur Tim Pemenangan

Bagi bus yang tidak laik jalan, maka pihaknya memberikan peringatan kepada sopir bus. Kalau masih ditemukan juga beroperasi maka bisa dikandangkan.

Hal ini dilakukan dalam rangka ciptakan situasi dan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) Satlantas Polres Pasaman .

baca juga: KPU Pasbar Nilai Imbauan Mematuhi Protap COVID-19 bagi Bacalon Kepala Daerah Tidak Berjalan Baik

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pasaman , Asril Amir mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Bidang Lalin dan angkutan Barang bekerjasama dengan Satlantas Polres Pasaman , serta pihak kesehatan.

Asril Amir mengatakan, pemeriksaan kendaraan umum laik jalan adalah untuk memastikan kendaraan tersebut memang layak jalan dan mengakut penumpang maupun barang.

baca juga: Semen Padang Serahkan Bantuan 20 Unit Alat Pengolahan Sampah untuk Kelompok Dasawisma Kemiri 8 Pasaman

“Kelaikan jalan kendaraan dilihat dari pengecekan kendaraan, rem, kestabilan roda, maupun berat kendaraan jika dinyatakan layak, maka bisa digunakan untuk mengangkut penumpang maupun barang," terangnya.

Dalam pemeriksaan tersebut Asril Amir menyampaikan tentang administrasi dan kelayakan teknis kendaraan.

baca juga: Dasawisma Kemiri 8 di Pasaman Terima 20 Unit Alat Pengelolaan Sampah dari PT Semen Padang

“Untuk administrasinya tentu harus dilengkapi dengan surat-surat kendaraan, dan pemeriksaan kelayakan teknis kendaraan seperti kondisi ban, rem, spion dan banyak yang lainya," terangnya.

Asril Amir menambahkan, selain itu juga dilakukan pemasangan stiker angkutan lebaran dan stiker layak jalan. Yang dicek bagi kelayakan kendaraan, lampu kendaraan, klakson, rem, termasuk cek kesehatan.

"KIR, izin trayek, asuransi juga tak luput dari pemeriksaan kita ini," ujarnya.

Bagi kendaraan yang tidak layak, maka bagi pemilik kendara diwajibkan untuk melengkapi surat-surat, dan mencek fisik kendaraannya di UPT KIR Lubuksikaping.

[Man St Pambangun]

Penulis: Khadijah