Benarkah Kesadaran WP Kota Padang Masih Rendah?

Contoh bill yang dibuat oleh Bapenda Padang untuk digunakan oleh WP restoran
Contoh bill yang dibuat oleh Bapenda Padang untuk digunakan oleh WP restoran (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kesadaran Wajib Pajak (WP) restoran di Kota Padang dalam membayar pajak masih saja rendah. Jika tak diawasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melalui program uji petik ke WP restoran langsung, maka ada saja yang masih suka curang dalam membayar kewajiban pajaknya.

"Uji petik adalah program yang dibuat oleh Bapenda Padang guna dilakukannya pemeriksaan terkait pemasukan/penghasilan dari objek pajak restoran yang dicurigai tidak membayar pajaknya sesuai dengan omset yang didapat tiap bulannya," ujar Kasubid Pemeriksaan Bapenda Padang , Nilson kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: Canda Tawa Cairkan Suasana di Tengah Kesibukan TMMD Kodim Sarmi

Ia menyatakan bahwa, ia sedikit menyayangkan terhadap masih rendahnya kesadaran WP itu. Karena sejak diberlakukannya uji petik mulai April 2017 lalu dan telah dijalankan pada banyak WP restoran di Kota Padang, ternyata masih saja ada yang tetap mencoba untuk melakukan kecurangan dalam membayar pajaknya.

"Memang tak semua WP restoran yang kami periksa melalui program uji petik ini. Karena yang kami periksa adalah WP yang membayar pajak , namun pembayarannya tampak tidak masuk akal sesuai dengan jumlah pengunjung harian saat diawasi oleh Bapenda. Bahkan beberapa waktu lalu, kami mendapati ada WP restoran yang sangat rendah membayar pajaknya, tapi saat kami lakukan uji petik, ternyata restoran itu sangat ramai dikunjungi pelanggan," kata Nilson lagi.

baca juga: Tahukah Apa Itu Anda Sistem Pajak Self Assessment dan Official Assessment?

Karena itu, salah satu langkah Bapenda untuk mengatasi kecurangan yang dilakukan oleh WP tersebut, yakni WP restoran diharuskan untuk menggunakan bill/bukti bayar yang telah disiapkan oleh Bapenda. Namun jika ada yang tidak ingin menggunakan bill dari Bapenda, maka bill buatan mereka diharuskan untuk mendapatkan stempel dari Bapenda terlebih dahulu.

"Meskipun sudah diharuskan menggunakan bill, tapi tetap saja beberapa dari WP restoran itu tidak menggunakan bill untuk beberapa orang tertentu dengan alasan takut membuat pelanggan lari dengan diterapkannya pajak di tempat mereka. Padahal sudah jelas bahwa penarikan pajak restoran tidak di beberapa restoran tententu, tapi seluruh restoran dan rumah makan kami tetapkan kewajiban untuk membayar pajak ," jelasnya.

baca juga: Mau Hapus Atau Nonaktifkan NPWP? Begini Syarat dan Caranya

Saat dilakukannya uji petik di tempat salah satu WP restoran pun, lanjutnya, ada beberapa dari mereka yang tidak senang dengan kedatangan petugas Bapenda. Bahkan ada beberapa WP yang saat didatangi, malah menolak kedatangan petugas Bapenda.

Di sisi lain, sebelumnya Kabid Penagihan dan Pemeriksaan Bapenda Padang , Budi Payan juga mengungkapkan bahwa ada WP yang taat membayar pajak , tapi tidak jujur dalam membayar jumlah pajaknya sesuai dengan omset yang didapatnya.

baca juga: Tahukah Anda, Begini Cara Bayar Pajak Daerah

"Kami seringkali menemukan WP yang taat bayar pajak namun tidak jujur dalam membayar pajak mereka,"ujar Kaban Bapenda Padang Adib Alfikri melalui Kabid Penagihan dan Pemeriksaan Bapenda Padang , Budi Payan pada KLIKPOSITIF .

Oleh karena itu, Budi mengimbau seluruh WP, terutama objek pajak restoran diminta untuk taat dan jujur dalam membayar pajaknya. Karena pajak yang dibayarkan akan digunakan untuk kemajuan pembangunan Kota Padang.(*)

Penulis: Webtorial