Pemko Solok Berikan Bimbingan Kerja Bagi Pencaker

Puluhan pencaker terlihat antusias pmengikuti bimbingan dan motivasi di Aula Bappeda Kota Solok
Puluhan pencaker terlihat antusias pmengikuti bimbingan dan motivasi di Aula Bappeda Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Persaingan kerja yang sangat ketat, menuntut semua kalangan pencari kerja ( Pencaker ) harus putar otak, hal ini dipicu minimnya lapangan kerja. Semua pencaker harus berpacu, keahlian dan keterampilan mutlak menjadi modal yang wajib dimiliki.

"Di era dunia kerja komplek dan kompetitif sekarang ini, Para pencari kerja harus memiliki skill yang mumpuni," ungkap Wali Kota (Wako) Solok melalui Asisten II Jefrizal saat Sosialisasi Program Penempatan TKI Dalam dan Luar Negeri, Kamis 14 September 2017.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

Dihadapan lebih kurang 40 pencari kerja siap pakai program penempatan TKI dalam dan luar negeri tersebut, Jefrizal menekankan pentingnya penguasaan teknologi dan juga penguasaan bahasa asing.

Sebab, menurutnya, nyaris semua lini kehidupan saat ini sudah sangat bergelut dan bergantung dengan teknologi, termasuk dalam dunia kerja. Ditambah kemampuan berbahasa asing, sebagai modal untuk bekerja di luar negri.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

"Kondisi saat ini tidak seperti dulu lagi, zaman sudah berubah, kalau kita hanya duduk menunggu peluang itu datang, maka akan disambar orang lain, mesti jeli dan gesit dalam memanfaatkan potensi dan peluang yang ada," sebut Jefrizal didampingi Kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Erlinda.

Mengikuti pergulatan kemajuan zaman, Masyarakat juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu menciptakan peluang kerja sendiri dan mampu berdikari. Yang terpenting adalah kemauan untuk berusaha.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Solok terus mencoba memancing animo usaha masyarakat melalui sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Hal itu juga turut didorong dengan penyediaan bantuan permodalan dengan bunga lunak melalui LP2EM.

"Hal itu sebagai salah satu menggeliatkan perekonomian masyarakat, sehingga angka pengangguran bisa terus dipangkas yang berimbas pada penurunan angka kemiskinan di Kota Solok ," beber mantan Kadis Pertanian itu.

baca juga: Libatkan Tenaga Ahli, Pemko Solok Matangkan Dokumen GDPK

Ia berpesan, bagi para peserta yang dipersiapkan untuk bekerja baik di dalam dan luar negeri untuk dapat mempersiapkan diri baik fisik maupun mental, serta keterampilan yang memadai sehingga betul-betul siap pakai dan siap kerja.

"Pelajari dan serap segala informasi dan keterampilan yang diberikan dalam sosialisasi dan pelatihan, itu merupakan bekal penting dan gambaran bagaimana bekerja secara propesional dan baik," sebutnya.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial