Bapenda: WP Jangan Malas Bayar Pajak Kalau Tidak Mau Izin Usaha Dicabut

Ilustrasi
Ilustrasi (UangTeman)

PADANG , KLIKPOSITIF - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang mulai September 2017 tidak akan segan mencabut izin usaha milik Wajib Pajak (WP) yang masih suka bandel dalam membayar pajaknya.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bapenda Padang melalui Kabid Penagihan dan Pemeriksaan, Budi Payan pada KLIKPOSITIF . "Rencananya, target kami dalam hal ini diutamakan pada WP Hotel, Rumah makan dan hiburan," kata Budi.

baca juga: Nafas Panjang Perjuangan Benelli Jelajahi Pasar Motor Italia di Sumbar

Ia mengungkapkan, hal itu akan dilakukan jika WP tidak membayar pajaknya selama beberapa bulan berturut-turut meski telah diberikan imbauan dan panggilan kepada pemilik usaha .

"Bapenda tidak akan segan untuk melakukan pencabutan izin usaha jika masih saja WP membandel terkait kewajiban mereka membayar pajak ," ungkap Budi.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

Sementara itu, Kasubid Pembinaan Bapenda Padang , Syafriadi mengatakan bahwa Bapenda akan melakukan hal tersebut meski masih dalam tahap diskusi tentang upaya yang dilakukan jika rencana itu dijalankan.

"Memang rencana itu akan dijalankan. Tapi sebenarnya pencabutan izin usaha tidak bisa langsung dilakukan oleh Bapenda pada WP. Akan ada beberapa faktor yang menjadi penilaian sehingga tidak langsung bertindak saja," kata Syafriadi.

baca juga: DLH Sebut Sampah Medis di Padang Meningkat 27 Persen

Ia menjelaskan, sebelum pencabutan izin usaha pada WP yang membandel, maka sebelum itu akan dilakukan pemeriksaan data dari buku audit miliknya. Jika ditemukan kejanggalan seperti pajak yang dibayarkan tidak sesuai dengan omset yang didapat, akan dikeluarkan SKPKB yang harus dibayar oleh WP.

"Kalau tidak dilaksanakan, akan diberikan imbauan, surat peringatan bahkan surat panggilan. Jadi jika tidak juga dipenuhi, maka kami akan cabut izin usahanya," jelas Syafriadi.

baca juga: Buang Sampah Sembarangan, Delapan Warga Padang Didenda Rp100 Ribu

Untuk pencabutan izin usaha itu, lanjut Syafriadi, rencananya Bapenda akan bekerja sama dengan beberapa OPD termasuk beberapa instansi daerah.(*)

Editor: Khadijah