Banyak Terobosan Bapenda Guna Permudah WP Bayar Pajak Daerah

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Positifers, Pajak daerah merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang wajib dibayar oleh masyarakat Wajib Pajak (WP). Pembayaran pajak ini berguna untuk pembangunan daerah.

Dilansir dari berbagai sumber, wajib pajak ini pengertiannya adalah orang pribadi atau badan (subjek pajak) yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan, termasuk pemungut pajak atau pemotong pajak tertentu. Wajib pajak bisa berupa wajib pajak orang pribadi atau wajib pajak badan.

baca juga: Tahukah Apa Itu Anda Sistem Pajak Self Assessment dan Official Assessment?

Seperti pengertian sebelumnya, wajib pajak ini haruslah melakukan kewajiban terkait perpajakan termasuk pajak daerah. Hukum yang menjadi tumpuan pajak daerah ini yaitu berdasarkan UU Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Nomor 28 tahun 2009, Pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

"Pajak daerah ini berguna bagi pembangunan masyarakat, makanya masyarakat wajib pajak haruslah bayar pajak mereka sesuai dengan yang telah ditentukan," uajr Kepala Bidang Pemetaan dan Pendataan Bapenda Padang , Firdaus.

baca juga: Tahukah Anda, Begini Cara Bayar Pajak Daerah

Bapenda Padang sendiri selalu berupaya memberikan kemudahan dan melakukan pendekatan pada masyarakat wajib pajak seperti pembayaran pajak online yang telah diadakan sejak 2013 lalu di Kota Padang. Pajak Online ini dilakukan cukup dengan pengisian data sesuai dengan jenis pajak dari subjek pajak dan secara otomatis pajak akan terhitung otomatis dan bisa dibayar di bank mana saja.

Ada juga namanya e-Pos, aplikasi pembayar pajak online yang juga telah diupayakan oleh Bapenda ada di Kota Padang. "e-Pos adalah alat berupa aplikasi yang otomatis akan membayar pajak sesuai dengan pajak dari subjek pajaknya.Di kota Padang, ada beberapa rumah makan yang telah memakai e-Pos ini adalah Rumah Makan Lamun Ombak, Taman Sari, Pauh Piaman, Bahagia dan Suarso, " ujar Kepala Bagian Pajak Online Bapenda Padang Ade Suhendra. 

baca juga: Ternyata Ini Sistem Perpajakan yang Digunakan Bapenda Padang

Dikatakannya, aplikasi ini juga disupport oleh bank yang telah melakukan kerjasama dengan Bapenda Padang dan sistemnya 'real time' yang artinya pemotongan untuk pajak langsung dilakukan saat transaksi dilakukan di subjek pajak Bapenda.

Di samping itu, selain dua cara pembayaran pajak seperti pajak online dan e-Pos, Bapenda juga telah melakukan pembukaan lima Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari beberapa Kecamatan di Kota Padang pada tiap Pokja. Untuk mendukung pembukaan lima Pokja tersebut, Bapenda juga mendirikan setiap Unit Pelayanan Teknis (UPT) serta adanya mobil keliling di masing-masing Pokja untuk mempermudah urusan masyarakat terhadap pajak daerah ini.

baca juga: Uji Petik, Program Uji Kejujuran Wajib Pajak Restoran Bayar Kewajibannya

Jadi Positifers, bayarlah pajak tepat waktu demi pembangunan daerah dan kesejahteraan masrakat Kota Padang.

Editor: Khadijah