Ini Jadwal THR dan Gaji 13 ASN Pemkab Padang Pariaman

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman menindaklanjuti peraturan dari  Kementerian Sekretariat Negara yang baru saja merilis empat Peraturan Pemerintah (PP) tentang gaji ke 13 dan THR  untuk Aparatur Sipil Negara ( ASN ) di lingkungan setempat. Hal itu tercantum dalam PP Nomor 23/2017 tentang perubahan atas PP Nomor 19/2016 tentang pemberian gaji, pensiunan atau gaji 13 kepada ASN , prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara dan penerima pensiunan.

Kemudian PP Nomor 24/2017 tentang pemberian gaji ke-13 kepada pimpinan dan non ASN pada LNS, PP Nomor 25/2017 tentang pemberian THR dalam tahun anggaran 2017 kepada ASN , prajurit TNI, anggota Polri  dan pejabat negara dan terakhir PP Nomor 26/2017 tentang pemberian THR dalam tahun anggaran 2017 kepada pimpinan dan pegawai non ASN pada LNS menjadi angin segar yang dinanti paraASN se-Indonesia, tidak terkecuali ASN  di lingkungan Pemkab Padang Pariaman .

baca juga: Agam Kekurangan 4.097 ASN Tenaga Guru, Kesehatan dan Teknis

Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, Armeyn Rangkuti Kepada KLIKPOSITIF di ruang kerjanya menyampaikan, Pemkab Padang Pariaman telah menerima dan menindaklanjuti PP tentang gaji 13 dan THR tersebut. Ada perbedaan secara teknis gaji 13 dan THR tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni untuk THR dibayarkan sebelum Lebaran Idul Fitri.

Sedangkan untuk gaji 13 , akan dibayarkan usai penerimaan gaji bulan Juli 2017 . Saat ini telah dibuat amprah gaji Juli, gaji 13 dan THR oleh bidang Perbendaharaan, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Padang Pariaman dan langsung dilanjutkan dengan pembuatan rekapitulasi gaji, SPP dan SPM oleh bendahara gaji masing-masing OPD, untuk diajukan kembali ke BPKD bagian Perbendaharaan agar diterbitkanya SP2D.

baca juga: Tahun Ini, Jokowi Beli Sapi Rp90 Juta dari Peternak di Sedayu Untuk Idul Adha

”Saya sudah perintahkan pada bendaharawan gaji Sekretariat Daerah Padang Pariaman untuk mempercepat mempersiapkan administrasi pembayaran gaji-gaji tersebut," ungkapnya

Sementara itu, Bendahara Perencanaan dan Keuangan Pemkab Padang Pariaman , Desi menyampaikan, proses administrasinya biasanya paling lama memakan waktu dua hari kerja sampai diterbitkanya SP2D. Gaji 13 terdiri atas gaji pokok ditambahkan berbagai tunjangan, sedangkan THR terdiri gaji pokok masing-masing pegawai berdasarkan golongan dan pangkat.

baca juga: Yayasan Al Aziz Bantu 3 Korban Kebakaran di Padang Pariaman

Saat ini, terdapat 547 ASN yang gajinya berada di Sekretariat Daerah yang terdiri dari beberapa OPD seperti Sekretariat Daerah, seluruh Kecamatan, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Satpol PP dan Damkar, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian, Badan Penagulangan Bencana Daerah, serta Badan Pemberdayaan Perempuan & Keluarga Berencana dan Sekretariat DPRD.

"Untuk Prosedur pembayaran gaji 13 dan THR ASN di Sekretariat Daerah dilakukan secara transfer ke rekening masing-masing,"ujar Desi.

baca juga: Ingat, Ini Panduan Pemotongan Hewan Kurban di Tengah Pandemi COVID-19

Ia menjelaskan, gaji 13 sendiri  dimaksudkan bentuk apresiasi pemerintah untuk biaya pendidikan sekolah putra-putri aparatur pemerintah daerah. Sedangkan THR diberikan dengan pertimbangan meningkatkan kesejahteraan aparatur negara dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Diperkirakan paling lama turunnya THR ASN itu besok, 18 Juni 2017," jelasnya.

[Heri Martoni]

Penulis: Webtorial