3 Tahun Absen, Kota Solok Kembali Raih Opini WTP

Wako Solok H. Zul Elfian didampingi ketua DPRD Yutriscan menerima penghargaan Opini WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Eliza.
Wako Solok H. Zul Elfian didampingi ketua DPRD Yutriscan menerima penghargaan Opini WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Eliza. (Istimewa)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kota (Pemko) Solok tak henti-hentinya menuai prestasi tingkat Nasional. Usai menerima plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) pada Januari lalu, Kali ini Pemko Solok juga berhasil menorehkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI terhadap laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016.

Keberhasilan Pemko Solok meraih opini WTP terbilang istimewa, sebab penghargaan ini merupakan bukti keseriusan kinerja pemerintah daerah dalam mengelola dan memanfaatkan keuangan daerah untuk pembangunan. Terakhir kali, Opini WTP berjasil daraih Pemko Solok pada tahun 2013 lalu.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Penghargaan opini WTP diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Sumatera Barat Eliza, dan diterima langsung oleh Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian, yang didampingi ketua DPRD Yutriscan, di kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sumbar, jalan khatib Sulaiman Kota Padang, Selasa 30 Mei 2017 lalu.

Menurut Zul Elfian, Perwakilan BPK-RI Provinsi Sumatera Barat telah melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan pada 2016, meliputi neraca, laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan pemerintah daerah.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Selanjutnya, pemeriksaan tersebut untuk memperoleh keyakinan yang memadai tentang apakah memadai tentang laporan keuangan, bebas dari salah saji material, sesuai Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Di samping itu, BPK RI juga melakukan pengujian kepatuhan terhadap kentuan terhadap perundang-undangan, kecurangan, serta ketidak patuhan yang berpengaruh langsung pada material terhadap penyajian laporan keuangan.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

“Kami melihat, Tim Pemeriksa bekerja secara profesioanal melakukan tugasnya, mereka bukan hanya memeriksa, tetapi juga memberikan pemahaman kepada personel kami terkait dalam mengelola keuangan daerah atau negera yang baik,” Ujar Zul Elfian didampingi Ketua DPRD Kota Solok , Yutris Can usai menerima penghargaan berupa opini WTP

Atas penghargaan yang diraih, Zul Elfian juga memberikan apresiasi yang tinggi pada seluruh jajaran aparatur di lingkungan Pemko Solok yang telah bekerja keras guna mewujudkan pemerintahan yang kuat dan bersih.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

Zul Elfian menyadari, tanpa adanya sinergitas dan kerjasama yang tercipta dengan baik antar seluruh aparatur pemerintahan yang ada dilingkungan Pemko Solok , keberhasilan Pemko Solok dalam meraih opini WTP dalam pengelolaan keuangan daerah yang memang selama ini didambakan tentunya menjadi akan sulit terwujud.

Penghargaan WTP ini diraih Pemko Solok , setelah BPK RI memeriksa Laporan Keuangan Daerah 2016. Komitmen dan kerja keras seluruh jajaran aparatur Pemko Solok dalam memastikan pelaksanaan APBD benar-benar sesuai perundang-undangangaturan hukum yang berlaku dan akuntabel, memang tidak mudah, karena standar akuntansi yang harus ada dan menjadi pedoman semakin berat.

Sesuai dengan peraturan perundangan yang mengatur tentang pelaporan keuangan yakni Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), dan aturan lain yang menyertai opini WTP ini juga menjadi target yang harus dicapai oleh Pemko Solok yang bertekad terus mempertahankan predikat ini setiap tahunnya.

Tidak mudah memang. Namun Zul Elfian mengungkapkan tekad untuk meraih opini WTP menjadi pendorong bagi aparatur pemerintah dalam mengelola dan memanfaatkan keuangan daerah. Termasuk dalam pengelolaan aset daerah.

"Jadi kalau sudah menjadi keinginan bersama, apa yang diharapkan akan dapat diwujudkan. Apalagi Pemko Solok juga terus berupaya menerapkan sistim pemerintahan yang bersih serta melayani masyarakat secara maksimal," Tegas Zul Elfian merasa yakin penghargaan opini WTP ini kembali dapat diraih tahun berikutnya.

Di sisi lain, Yutris Can mengungkapkan, dengan perolehan WTP ini semakin nampak peningkatan kinerja SKPD, terutama dalam pelaporan dan pengunaan keuangan serta penataan aset. "Kita berharap kinerja ini akan ditingkatkan sehingga opini WTP dapat dipertahankan," katanya usai menerima opini WTP.

DPRD Kota Solok , mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota Solok meraih predikat opini WTP dalam pengelolaan keuangan dari Badan Pemeriksaan Keuangan, secara umum Pemko Solok telah melakukan upaya untuk melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan dari tahun ke tahun.

"Pencapaian prestasi ini menjadi momentum bagi DPRD dan Pemkot Solok dalam membenahi sistem pengelolaan keuangan daerah menuju arah yang lebih baik dan sempurna, predikat WTP bisa terus diraih," kata politisi Partai Gorkar itu.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial