Safari Ramadan Jadi Momentum Pemko Solok Serap Aspirasi Masyarakat

Sekda Kota Solok Rusdianto, didampingi Kabag humas Nurzal Gustim menyerahkan bantuan honor mubalig kepada pengurus masjid
Sekda Kota Solok Rusdianto, didampingi Kabag humas Nurzal Gustim menyerahkan bantuan honor mubalig kepada pengurus masjid (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -Kedatangan Tim Ramadan Pemerintah Kota (Pemko) Solok ke berbagai masjid, tidak hanya sebagai media sosialisasi program pembangunan yang dijalankan pemerintah, ataupun hanya sekedar merentang tali ukhwah antara Pemko dengan masyarakat. Namun juga menjadi momentum menyerap aspirasi masyarakat.

Berbagai persoalan mengemuka seiring kehadiran Tim Ramadan Kota Solok , mulai dari pembangunan Masjid yang tersendat akibat keterbatasan dana, kehidupan masyarakat yang terusik dengan maraknya kafe ataupun tempat hiburan, hingga Air PDAM yang acap kali mati. Menjadi persoalan yang lama terpendam dan telah dimuntahkan bulat-bulat masyarakat.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Setidaknya, begitulah yang dirasakan Tim Ramadan Kota Solok yang tergabung dalam tim X (Sepuluh), saat berkunjung ke 3 masjid yang ditetapkan. Meskipun banyak persoalan yang akan menjadi "Pekerjaan Rumah" Pemko Solok kedepannya, akan tetapi juga menjadi cambuk semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di waktu mendatang.

"Berbagai persoalan dan kritikan yang disampaikan masyarakat akan kita tampung, mana yang bisa kita bantu secara langsung tentu akan diupayakan. Mana yang belum, tentu juga akan kita carikan solusi terbaiknya. Karena itulah gunanya kita hadir lansung di tengah masyarakat," ungkap Sekda Kota Solok Rusdianto usai Safari Ramadan di Masjid Al-Amin, Tanah Garam Kota Solok , Tadi Malam, Rabu 31 Mei 2017.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Seperti yang dipesankan Wali  Kota Solok , jelas Rusdianto, Kehadiran Tim Ramadhan ketengah masyarakat harus mampu menjadi perekat hubungan masyarakat dengan pemerintah, sehingga tercipta komunikasi yang lancar antara kedua belah pihak. Pemerintahan dan masyarakat tentu tidak bisa dipisahkan karena saling membutuhkan.

Menurut Risdianto, Tanpa dukungan masyarakat dan pihak terkait, apapun program pembangunan yang dilakukan oleh Pemko Solok tidak akan berjalan maksimal. Sebab pada intinya, Pembangunan dan pelayanan yang dilakukan adalah demi kesejahteraan masyarakat.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

"Penurunan angka kemiskinan di Kota Solok menjadi fokus Pemerintah daerah, bahkan Wali Kota menargetkan pemangkasan angka kemiskinan hingga 2 persen pada tahun 2020 mendatang," beber Rusdianto.

Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam memangkas angka kemiskinan yang dinilai masih mencolok di Kota Solok , Pemerintah sudah memiliki berbagai program strategis pembangunan, yang diharapkan mampu memberikan efek penguatan ekonomi masyarakat.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

Salah satunya dengan mengurai Pasar Raya Solok yang semrawut, menciptakan pasar yang representatif dan nyaman sehingga pengunjung bisa nyaman berbelanja. Kesan pasar yang selama ini semrawut, becek dan bau secara perlahan akan kembali ditata. Juga bagaimana menciptakan adanya wisata berbelanja di Pasar Raya Solok .

Sektor pengembangan UMKM, Pemerintah juga menyediakan bantuan permodalan dengan bunga lunak kepada masyarakat Kota Solok melalui Lembaga Penguatan Permodalan Ekonomi Masyarakat (LP2EM). Setidaknya, pengusaha kecil kota Solok dapat mengadukan nasibnya bila terkendala Modal usaha ke lembaga ini.

"Masih banyak lagi program strategis yang tengah dilakukan oleh Pemko solok , termasuk pembangunan berbagai infrastruktur seperti Rumah Sakit, Gelanggang Olahraga serta peningkatan sistem pelayanan terhadap masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Solok yang juga hadir pada kesempatan itu, Rusnaldi mengemukakan, Pemko Solok harus peka terhadap kebutuhan 'real' masyarakat dalam menjalankan berbagai program pembangunan.

"Pembangunan harus betul-betul menyentuh kebutuhan segala lapisan masyarakat, jangan hanya menguntungkan kelompok masyarakat tertentu saja. Sehingga dampak pembangunam betul-betul dirasakan dan membawa kesejahteraan," ungkap Rusnaldi.

Ditegaskan politisi Hanura tersebut, DPRD Kota Solok pada intinya tentu siap dan sangat mendukung apapun program Pemko Solok , asalkan demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok .

"Sepanjang itu demi kepentingan masyarakat dan tidak melanggar aturan yang ada, teman-teman di DPRD pasti mendukung, itu sudah menjadi komitmen kita bersama di legislatif ," tutupnya.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial