Wako Solok Tandatangani MoU Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan dengan Pemko Surabaya

Wako Solok H. Zul Elfian bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini usai pnandatangan MoU
Wako Solok H. Zul Elfian bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini usai pnandatangan MoU (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian menandatangani nota kesepakatan kerjasama di bidang jaringan lintas perkotaan (JLP) antara Kota Solok dan 16 Kota/Kabupaten lainnya dengan Pemerintah Kota (Pemko) Surabaya. Penandatangan nota kesepakatan dilansungkan di Kantor Balaikota Surabaya, Rabu 31 Mei 2017.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas pemerintahan dan pembangunan Kota Solok kedepannya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah ada, terutama di bidang pengembangan penerapan e-Government dalam tata kelola Pemko Solok .

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Wako Solok , H. Zul Elfian mengaku sangat mengapresiasi Pemko Surabaya yang sangat terbuka dan mau berbagi dengan mengajak daerah lain untuk maju bersama. Zul Elfian berharap kerjasama ini tidak hanya dalam pengembangan e-Government saja.

"Kita harap kerjasama dengan Pemko Surabaya tidak hanya sebatas pengembangan E-Government, tapi bisa mencakup berbagai bidang lainnya seperti bidang lingkungan hidup, pengelolaan energi dan peningkatkan ekonomi masyarakat," Ungkap Wako Solok H. Zul Elfian.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Wako Solok mengakui, masih banyak ketertinggalan yang harus dikejar Kota Solok kedepannya, juga hal ini perlu dukungan serta peran semua pihak. Melalui kerjasama dengan Pemko Surabaya juga diharapkan akan mampu memberikan efek positif kemajuan Kota Solok kedepannya.

"Untuk kemajuan kedepan, tak salahnya kita belajar dan bekerjasama dengan daerah lain yang sudah berhasil, agar kita bisa terus berlari mengejar ketertinggalan kita di berbagai bidang, dan juga yang pasti demi kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat Kota Solok ," tutup Zul Elfian.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

Selain Kota Solok , 16 daerah lainnya yang menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan pemerintah Kota Surabaya diantaranya Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kota Medan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kemudian Kabupaten Bogor, Kabupaten Rembang, Kabupaten Temanggung,Kabupaten Lamongan, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kota Banjarmasin, Kota Samarinda, Kabupaten Bone, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

Sementara itu, sebelumnya, Wako Surabaya menyampaikan, Pemko Surabaya berani dan mampu memberikan tunjangan kinerja yang lebih bagi pegawainya. Hal itu merupakan imbas balik atau keuntungan dari efisiensi penerapan sistem pemerintahan yang dilakukan.

"Ini bisa kami lakukan karena efisiensi dan terukurnya kinerja Pemko Surabaya dengan memanfaatkan teknologi informasi, mari manfaatkan teknologi dengan baik untuk menyelesaikan berbagai persoalan daerah menjadi nilai tambah," Ungkap Tri Rismaharini.

Pemanfaatan teknologi informasi dapat membantu Pemerintah Kota Surabaya dalam menjalankan integrasi berbagai sistem pemerintahan yang ada. Penerapan teknologi dapat membantu menghemat biaya pengeluaran rutin daerah sehingga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan belanja daerah.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial