Pemko Solok Jemput Aspirasi Masyarakat Melalui Safari Fajar

Wako Solok H. Zul Elfian saat Safari Fajar di Masjid Taqwa Kodim 0309 Solok
Wako Solok H. Zul Elfian saat Safari Fajar di Masjid Taqwa Kodim 0309 Solok (Humas dan Protokol Kota Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -- Safari Fajar menjadi salah satu agenda rutin Pemerintah Kota Solok setiap minggunya karena hal itu sebagai salah satu bagian program keagamaan Kota Solok menuju Kota Beras Serambi Madinah . Kegiatan ini dilakukan setiap hari jumat, secara bergiliran dari satu masjid ke masjid lainnya.

Kegiatannya tidak hanya sekedar salat shubuh berjamaah bersama masyarakat serta mendengarkan siraman rohani. Selain itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai informasi terkait program dan berbagai informasi penting menyangkut program Pemerintah Kota (Pemko) Solok.

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

Melalui program ini, Pemko Solok sebagai eksekutif mencoba membangun hubungan lebih "intim" dengan masyarakat. Suara-suara "tangis" masyarakat yang selama ini belum sampai kepada pemerintah juga bisa didengar lansung Kepala atau Wakil Kepala daerah.

"Dengan agenda rutin ini, kita juga bisa menyampaikan informasi sekaligus mendengar keluhan masyarakat terkait berbagai program pembangunan yang dilakukan Pemko Solok ," ungkap Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian saat Safari Fajar bersama jemaah masjid Taqwa di Kodim 0309 Solok, Jumat 28 April 2017.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Cara tersebut ditempuh Pemko Solok agar informasi dan aspirasi masyarakat bisa lansung terserap. Pemko Solok mencoba turun lansung ke tengah-tengah masyatakat sehingga informasi yanh diberi dan diterima dapat lansung diintegrasikan.

"Selain memakmurkan masjid dengan salat Shubuh berjamaah dan wirid, kita bisa merasakan lansung bagaimana respon masyarakat terhadap program pembangunan dan pelayanan," terang pria yang akrab disapa Buya ini.

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier juga sangat mengapresiasi pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0309 Solok yang telah berkenan memberi fasilitas sarana kegiatan berolahraga bagi generasi muda Kota Solok . Fasilitas olahraga tersebut sendiri ada di kawasan halaman Makodim 0309 Solok.

"Kita lihat, tiap hari anak-anak muda kota Solok berlatih di sarana olahraga Kodim 0309 Solok, ada Volly ball, Takraw, tenis lapangan dan berbagai olahraga beladiri lainnya. Ini merupakan bentuk kepedulian Kodim 0309 Solok terhadap pembangunan generasi muda kota solok ke arah positif," beber Zul Elfian .

baca juga: Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

Zul Elfian yang didampingi Kabag Kesra Heppy Darmawan juga berjanji akan mengakomodir berbagai masukan yang disampaikan masyarakat. Mulai dari MDA yang belum memiliki ruang belajar, serta lainnya dan semuanya akan diprogramkan melalui dinas dan instansi terkait.

Terpisah, hal senada juga diamini Wawako Solok . Menurutnya, kegiatan safari subuh juga akan membangun karakter OPD dan instansi terkait agar lebih baik dan peka terhadap apa yang dirasakan masyarakat. Kalau semua sudah dikomunikasikan dengan baik, tidak ada persoalan yang tidak bisa dipecahkan.

"Ini merupakan salah satu bentuk seayun dan selangkah antara masyarakat dan pemerintah, pembangunan juga tidak akan berjalan maksimal bila tidak didukung oleh masyarakat dan pihak terkait lainnya," tukas Reinier .

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial