Peringati Hari Kartini, Wawako: Perempuan Kota Solok Harus Mampu Berkiprah Bangun Daerah

Wawako Solok Ir. Reinier bersama Sekda Rusdianto serta unsur Forkimpinda, TP-PKK Kota solok dan lainnya usai peringatan Hari Kartini ke-138
Wawako Solok Ir. Reinier bersama Sekda Rusdianto serta unsur Forkimpinda, TP-PKK Kota solok dan lainnya usai peringatan Hari Kartini ke-138 (Humas dan Protokol Kota Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Solok memperingati Hari Kartini ke-138 di Gedung Kubuang XII Kota Solok , Selasa 25 April 2017. Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier mengatakan, RA. Kartini selalu menjadi sosok inspiratif bagi kaum perempuan. Semangatnya memperjuangkan emansipasi wanita tak pudar dari ingatan bangsa hingga kini.

"Semangat perjuangan kartini perlu kita contoh, wanita juga bisa berprestasi dan mengemban tugas layaknya seorang pria namun harus tetap mengedepankan perannya sebagai perempuan," ungkapnya.

baca juga: PON XX Papua 2021 Gantole Sumbar Masih Catatkan Nilai Positif

Menurutnya, Hari Kartini yang diperingati pada tanggal 21 April tiap tahunnya mengajarkan kita tentang begitu besarnya peran wanita dalam berbagai sendi kehidupan. Tak bisa dipungkiri, di balik keberhasilan seorang pemimpin ada sosok "Kartini" yang selalu mendampingi dan menyemangatinya.

Ia mengungkapkan, kondisi kekinian saat ini cukup berbeda dari zaman dulu, kini wanita dituntut untuk mampu berimprovisasi. Selain masih ada peluang untuk berkarir setara dengan laki-laki, tugas seorang wanita cukup berat. Di satu sisi mengejar karir dan disisi lain mengurus segala sesuatu menyangkut rumah tangga.

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

"Kita yakin, kaum perempuan Kota Solok mampu memaknai semangat yang digelorakan Kartini sesuai dengan kondisi saat ini, perempuan Kota Solok juga harus terus berkarya sesuai kodrat dengan memanfaatkan peluang yang ada," beber Reinier.

Di samping itu, peringatan Hari kartini di Kota Solok juga dibarengi dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Keluarga Sejahtera (HKG PKK) yang ke-45. Peringatan hari kartini menjadi seirama dengan PKK yang tentunya dimotori oleh kaum perempuan juga. Wakil Ketua TP-PKK Solok Ny. Elfia Reinier menyatakan, semangat kartini tentu tak henti mengalir dalam PKK itu sendiri.

baca juga: Tinjau Kebakaran Pasar Kambang, Bupati Pessel Janjikan Hal Ini untuk Pedagang

"Dengan semangat Kartini, kita tingkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan generasi yang tangguh, mandiri dan berakhlak mulia melalui 10 program pokok PKK," ungkap Ny. Elfia Reinier.

Juga turut hadir pada kesempatan itu, Kapolres Solok Kota AKBP Susmelawati Rosya, Ketua DW Ny. Ria Rusdianto, Ketua PIL, Kasdim 0309 Solok serta Unsur Forkompinda, Bundo kanduang dan sejumlah OPD.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Meskipun peringatan hari kartini dinilai penting bagi kaum perempuan namun nyaris setengah kursi di gedung Kubuang XIII kosong, padahal Ketua Bundo Kanduang sebagai pelaksana mengundang lebih kurang 500 orang dari berbagai unsur pemerintaha, Forkompinda, OPD dan lainnya.

Namun hal itu tidak mengurangi khidmatnya peringatan Hari Kartini ,Semangat kaum wanita pada peringatan kali ini ditandai dengan berbagai rangkaian acara yang digawangi oleh kaum perempuan. Mulai dari pembacaan Al-Quran, Doa, tarian panen, paduan suara dan berbagai penampilan seni tradisi Kota Solok .

"Peringatan hari lahirnya RA. Kartini merupakan momentum bagi kaum wanita Kota Solok , untuk terus berkiprah turut mendorong pembangunan Kota Solok namun tidak melupakan jati dirinya sebagai seorang perempuan," tutup Ny. Elfia Reinier. (Khadijah)

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial