Yuk, Kenali Jenis Pajak Daerah!

Ilustrasi
Ilustrasi (Seputar Pengertian)

KLIKPOSITIF -- Positifers, kenali 11 jenis pajak daerah yang menjadi kewajiban oleh pribadi atau suatu badan. Dengan mengenal jenis pajak daerah, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran dari wajib pajak dari jenis pajak yang menjadi kewajiban yang harus ditunaikan pada pemerintah daerah.

Dikutip dari berbagai sumber, menurut pengertiannya, pajak daerah merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dan dipungut sendiri oleh pemerintah daerah. Sejatinya, penyelenggaraan pemerintahan daerah pada Era Otonomi Daerah harus diikuti oleh dukungan pembiayaan Keuangan Daerah yang kuat untuk dapat melaksanakan dan merealisasikan Program Pemerintah Daerah yaitu Peningkatakan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pembangunan di daerah.

baca juga: Kemendagri Selesaikan Kisruh Pajak Air Permukaan PLTA Koto Panjang Sumbar - Riau

Fungsi otorisasi bermakna bahwa anggaran daerah menjadi dasar untuk merealisasi pendapatan, dan belanja pada tahun bersangkutan. Tanpa dianggarkan dalam APBD, sebuah kegiatan tidak memiliki kekuatan untuk dilaksanakan.

Hukum yang menjadi tumpuan pajak daerah ini yaitu berdasarkan UU Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Nomor 28 tahun 2009, Pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

baca juga: Tarif Langganan Netflix Meningkat

Berdasarkan pengertian di atas, ada 11 jenis pajak daerah yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni:

Pajak Hotel
Pajak hotel di sebut pajak daerah pungutan daerah atas penyelenggaraan hotel”. Sementara objek pajaknya adalah Pelayanan yang disediakan oleh hotel dengan pembayaran, termasuk jasa penunjang sebagai kelengkapan hotel yang sifatnya memberikan kemudahan dan kenyamanan, termasuk fasilitas olahraga olahraga dan hiburan. Jasa penunjang dari hotel ini termasuk fasilatas telepon, faksimile, teleteks, internet, fotokopi, pelayanan cuci, setrika, transportasi, dan fasilitas sejenis lainnya yang disediakan atau dikelola hotel.

baca juga: Kisruh "Pitih Sanang", Akankah Sumbar Masih Kebagian Pajak Air Permukaan Waduk Koto Panjang?

Pajak Restoran
Pajak restoran adalah pungutan daerah atas pelayanan restoran. Objek pajaknya adalah setiap pelayanan yang disediakan dengan pembayaran di restoran. Sementara subjek pajaknya, orang pribadi atau badan yang melakukan pembayaran atas pelayanan restoran.

Pajak Hiburan
Pajak hiburan adalah pajak yang dikenakan atas penyelenggaraan hiburan. Objek dari pajak hiburan adalah segala jenis hiburan yang diselenggarakan seperti: penyelenggara pertunjukan film di bioskop, pertunjukan kesenian tradisional, pertunjukan sirkus, pameran seni, pameran busana, pergelaran musik karaoke, permainan Bilyar, serta pertandingan Olahraga. Subjek pajak hiburan ini adalah orang pribadi atau badan yang menonton atau menikmati hiburan, Wajib pajak hiburan ialah orang pribadi atau badan penyelenggara hiburan

baca juga: Ini Daftar Perluasan Insentif Pajak untuk Dunia Usaha

Pajak Reklame
Pajak reklame adalah pungutan daerah atas penyelenggaraan reklame. Objek pajaknya ialah penyelenggara reklame seperti: Reklame Kain, Reklame Melekat, Stiker, Reklame Berjalan termasuk pajak kendaraan, Reklame Udara, Reklame Suara, Reklame Film/Slide dan Reklame Peragaan. Subjek Pajak Reklame adalah orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan atau memesan reklame.

Pajak Penerangan Jalan
Pajak Penerangan Jalan adalah pajak atas penggunaan tenaga listrik, baik yang dihasilkan sendiri maupun diperoleh dari sumber lain. Objek pajaknya adalah segala jenis penerangan jaan yang difungsikan baik untuk umum maupun kepentingan pribadi.

Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan
Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan adalah pajak atas kegiatan pengambilan mineral bukan logam dan batuan, baik dari sumber alam di dalam dan/atau permukaan bumi untuk dimanfaatkan. Objek pajaknya adalah penyelenggaraan dari kegiatan pengambilan Mineral bukan logam dan batuan.

Pajak Parkir
Pajak parkir adalah pajak atas penyelenggaraan tempat parkir di luar badan jalan, baik yang disediakan berkaitan dengan pokok usaha maupun yang disediakan sebagai suatu usaha, termasuk penyediaan tempat penitipan kendaraan bermotor.Objek Pajak Parkir adalah penyelenggaraan tempat Parkir di luar badan jalan, baik yang disediakan berkaitan dengan pokok usaha maupun yang disediakan sebagai suatu usaha, termasuk penyediaan tempat penitipan kendaraan bermotor.

Pajak Air Tanah
Pajak air tanah adalah pajak atas pengambilan dan atau pemanfaatan air tanah. Objek pajak air tanah adalah pengambilan dan atau pemanfaatan air tanah. Pengambilan dan atau pemanfaatan air tanah adalah pengambilan dan atau pemanfaatan air tanah yang digunakan oleh orang pribadi atau badan untuk berbagai keperluan, antara lain konsumsi perusahaan, perkantoran dan rumah tangga.

Pajak Sarang Burung Walet
Pajak Sarang Burung Walet adalah pajak atas kegiatan pengambilan dan/atau penguasaan sarang burung wallet.Obyek pajaknya adalah pengambilan dan/atau penguasaan Sarang Burung Walet.

Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2)
Pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2) adalah bumi dan/atau bangunan yang dimiliki, dikuasai, dan/atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan, kecuali kawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan dan pertambangan.

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan
Pengertian BPHTP (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) adalah biaya pajak yang dibebankan kepada pribadi atau badan yang mendapatkan perolehan hak atas tanah dan atau bangunan dari suatu perbuatan atau peristiwa hukum.Pada dasarnya objek dari bea perolehan hak atas tanah dan bangunan adalah setiap upaya pemindahan hak atau pemberian hak atas tanah dan bangunan.

Jadi penjelasan di atas adalah penjabaran dari 11 jenis pajak daerah yang harus ditunaikan oleh wajib pajak sesuai dengan jenis yang harus dibayarkan.(*)

Editor: Khadijah