Pemko Solok dan BDI Padang Gelar Diklat 3 In 1

Ketua Dekranasda Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian bersama rombongan meninjau karya kerajinan di BDI Padang
Ketua Dekranasda Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian bersama rombongan meninjau karya kerajinan di BDI Padang (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Sebanyak lebih kurang 70 orang masyarakat Kota Solok mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) 3 in 1 tentang pembuatan hiasan busana dengan alat jahit tangan sulaman timbul di Balai Diklat Industri (BDI) Padang.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama 9 hari ke depan yang  dimulai dari tanggal 6 hingga 25 Maret 2017 mendatang.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Pembukaan pelatihan ini lansung dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok Ny. Elfia Reinier, Ketua Darma Wanita Ny. Ria Rusdianto, Ketua DW DPRD Kota Solok dan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Dedi Asmar dan pihak BDI Padang.

Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Solok, dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak BDI Padang yang telah memfasilitasi warga Kota Solok dalam menimba ilmu dan mengasah keterampilan dalam bidang kerajian.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

"Syukurlah, kegiatan pelatihan ini bisa terwujud berkat kerjasama dan dukungan semua pihak, terutama pihak BDI Padang yang telah mau menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Solok . Mudah-mudahan berjalan dengan baik," beber Zulmiyetti Zul Elfian di hadapan puluhan peserta Diklat, Senin 6 Maret 2017.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pengembangan industri kerajinan merupakan salah satu langkah yang cukup penting dan memiliki peranan strategis dalam mempercepat pembangunan daerah.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

"Pengembangan industri kerajinan sangat penting dalam penyediaan kesempatan usaha, lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan masyarakat yang akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Zulmiyetti Zul Elfian juga berpesan agar para peserta yang mengikuti pelatihan dapat menjalani kegiatan tersebut dengan baik sehingga dapat menyerap ilmu dan keterampilan yang diajarkan oleh instruktur.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

"Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, ikuti semua kegiatan dengan serius dan bersungguh-sungguh agar bisa diperoleh manfaatnya dengan maksimal," ungkap Zulmiyetti Zul Elfian di hadapan puluhan peserta Diklat.

Dengan adanya Diklat tersebut, diharapkan akan mampu mendorong berkembangnya industri dan kerajinan kreatif di Kota Beras Serambi Madinah dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Apalagi Kota Solok memiliki visi sebagai 'Kota Perdagangan dan Jasa yang Maju dan Modern'.

Untuk memacu Kota Solok menuju Kota perdagangan dan jasa, maka perlu juga didorong dengan peningkatan usaha atau industri kreatif masyarakat. Apalagi letak strategis Kota Solok di persimpangan utama lalu lintas Sumatera akan menghadirkan peluang yang lebih besar dalam pemasaran produk.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok, Dedi Asmar, juga berharap, ke 70 orang warga Kota Solok yang mengikuti pelatihan tersebut akan bisa  menjadi 'agen of change' dalam menularkan keterampilan dan keahlian yang diperoleh dari Diklat tersebut.

"Usai mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan bisa membuka lapangan usaha yang baru sehingga mampu membuka lapangan kerja baru yang pasti akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat," beber Dedi Asmar saat dihubungi melalui Telponnya.

Pemko Solok melalui dinas terkait dan Dekranasda Kota Solok berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui Industri atau usaha kreatif, sehingga mampu mengikis angka kemiskinan yang masih berkisar sekitar 4 persen.

"Sepulang pelatihan nantinya, ilmu dan keterampilan yang didapat peserta jangan hanya disimpan tapi dikembangkan dan kita siap memfasilitasi dan menjamurkan usaha-usaha milik masyarakat di Kota Solok," pesan Dedi Asmar. (Khadijah)

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial