25 Tahun FHUK UMMY Solok, Ini Harapan Wali Kota Solok

Wali Kota Solok H. Zul Elfian menyatakan siap mendorong kemajuan UMMY Solok
Wali Kota Solok H. Zul Elfian menyatakan siap mendorong kemajuan UMMY Solok (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Visi Kota Solok menjadi kota perdagangan dan jasa serta pendidikan yang maju dan modern tidak bisa dilepaskan dari keberadaan dan peran perguruan tinggi yang ada di kota beras Serambi Madinah ini. Salah satunya adalah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok.

"Dengan keberadaan pergururan tinggi seperti UMMY tentu akan menjadi nilai tambah yang perlu menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Solok, untuk memajukan sektor pendidikan ," ungkap Wali Kota Zul Elfian saat menghadiri peringatan 25 tahun Fakuktas Hukum UMMY Solok di Gedung Kubuang XIII, Kota Solok, Sabtu 4 Maret 2017 lalu.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Keberadaan UMMY Solok sejak tahun 1984 silam menambah warna pendidikan tinggi Kota Solok, meskipun banyak persoalan dan dinamika yang melanda kampus yang menyandang nama besar pahlawan asal Sumatera Barat Prof. Muhammad Yamin ini.

Apalagi saat ini, mayoritas jurusan yang ada di UMMY Solok sudah menyandang akreditasi B beberapa waktu lalu, salah satunya adalah jurusan atau Prodi Ilmu Hukum yang ada di bawah naungan Fakuktas Hukum UMMY Solok.

baca juga: Dianggarkan Lebih Rp2 Triliun, Selisih Tukin Guru dan Dosen Terutang Sejak 2015 sampai 2018 Siap Dibayarkan

Akreditasi yang telah berhasil dicapai sekarang akan semakin menguatkan pilihan masyarakat Kota Solok dan daerah sekitarnya untuk menjadikan Fakultas hukum UMMY sebagai alternatif pilihan pertama bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang ilmu hukum.

"Jadi bagi generasi muda Kota Solok dan daerah sekitar tidak mesti lagi kuliah ke Padang untuk memperdalam ilmu di bidang hukum, sudah ada Fakuktas Hukum yang sudah menyandang akreditasi B," beber Zul Elfian.

baca juga: Pemerintah Buka PTM Terbatas, Namun Madrasah di Zona Merah Dilarang

Menurut Zul Elfian, Pemko Solok menyesuaikan dengan peluang dan kewenangan serta kemampuan keuangan daerah akan terus berusaha mendorong pengembangan perguruan tinggi di Kota Solok termasuk UMMY solok.

Bahkan, Zul Elfian berjanji akan membantu UMMY Solok untuk mencarikan lokasi yang lebih representatif untuk pengembangan UMMY kedepannya. Saat ini, bahkan Pemko Solok mengaku sudah mencoba melalui OPD terkait untuk melakukan kajian bagaimana mekanisme yang bisa dilakukan dan kerjasama dengan UMMY terkait rencana tersebut.

baca juga: PTM Secara Terbatas Tidak Diizinkan Bagi Madrasah yang Ada di Zona Merah

"Sekaligus kita juga sudah mulai mencoba mencarikan lokasi yang tepat dan sesuai dengan peruntukan lahan yang telah diatur sesuai dengan Peraturan Daera (Perda) RT/RW Kota Solok," Jelas Zul Elfian.

Investasi pendidikan terbilang tidak kecil dan tidak bisa lansung dirasakan manfaatnya sekarang. Oleh karena itu, tutur Zul Elfian, kalau tidak dimulai sekarang kapan lagi pihak terkait memikirkan perkembangan perguruan tinggi yang ada di Kota Solok.

Sementara itu, Rektor UMMY Solok Elfi Sahlan Ben menyambut positif perhatian dari pihak Pemko Solok dalam mendorong kemajuan UMMY Solok ke depannya. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang telah lama hadir di Solok.

"Tentu kita sambut positif dan apresiasi perhatian Pemko Solok untuk membantu memcarikan lokasi kampus yang lebih representatif untuk pengembangan UMMY kedepannya," ungkap Elfi Sahlan Ben saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Minggu 5 Maret 2017.

Mantan Wakil Bupati era Gamawan Fauzi tersebut berharap Pemko Solok mau menghibahkan sebidang tanah guna membangun fasilitas pendidikan Kampus UMMY Solok yang baru dan lebih baik. "Ada tanah milik Pemko Solok di kawasan Laing yang dihibahkan oleh maayarakat, barangkali bisa dihibahkan ke UMMY," harapnya.

Saat ini, kampus UMMY Solok menempati 2 buah lokasi kampus, satunya ada di kawasan Komplek Islamic Center yang merupakan eks bangunan perkantoran milik Pemerintah Kabupaten Solok dan dihuni 2 Fakultas dan satunya lagi ada di Kota Solok tepatnya di samping Taman Kota Solok yang juga dihuni 2 Fakuktas lainnya.

Lebih kurang 32 tahun berkiprah membangun pendidikan tinggi di Solok, UMMY telah melahirkan 5 ribu lebih lulusan yang telah tersebar dan berkarya di berbagai instansi atau lembaga baik milik pemerintah maupun swasta. (Khadijah)

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial