Pemko Solok Sediakan Ruang Laktasi Gratis di Pasar Raya Solok

Ketua P2TP2A Kota Solok Ny. Elfia Reinier didampingi Wawako Reinier dan Plt Dinas PPPA Yosmaini meresmikan ruang menyusui di Pasar Raya Solok
Ketua P2TP2A Kota Solok Ny. Elfia Reinier didampingi Wawako Reinier dan Plt Dinas PPPA Yosmaini meresmikan ruang menyusui di Pasar Raya Solok (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Kaum ibu menyusui tak perlu lagi risau mencari lokasi yang aman dan nyaman untuk memberikan ASI bagi buah hati jika berkunjung di kawasan Pasar Raya Solok. Sebab, Pemerintah Kota (Pemko) Solok telah menyediakan ruangan khusus ASI bagi para ibu menyusui.

Ruang Laktasi atau ruang menyusui Ini mulai beroperasi usai diresmikan pada Rabu 1 Maret 2017 lalu yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh ketua GOW Kota Solok Ny. Elfia Reinier yang didampingi lansung oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier, unit PPA Polres solok Kota bersama Plt Dinas PPPA Kota Solok, Yosmaini.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Menurut Reinier, penyediaan ruang khusus menyusui merupakan salah satu solusi yang selama ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat terutama kaum ibu menyusui, sebab selama ini cukup sulit menemukan tempat yang aman dan nyaman bagi ibu-ibu untuk menyusui anak ketika mereka berkunjung ke pasar raya Solok.

"Jadi tidak perlu repot lagi mencari tempat yang nyaman bagi Ibu menyusui dan anak. Bukan hanya untuk tempat menyusui tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat bagi ibu dan anak," ungkap Reinier saat disinggung mengenai fasilitas ruang ASI yang disediakan Pemko Solok .

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

Dengan adanya ruang khusus tersebut, kaum ibu tidak perlu lagi khawatir karena ruang tersebut merupakan ruangan privasi dengan desain interior sesuai kebutuhan anak. Jadi anak akan merasa nyaman ketika menyusu dengan ibunya.

Di bagian dinding ruangan 3x5 meter ini, dimuat juga informasi-informasi seputar pentingnya ASI bagi pertumbuhan anak, sembari menyusui anak, kaum ibu juga bisa menambah pengatahuan. Ruangan tersebut juga dilengkapi AC, sofa dan arena bermain anak dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

Ruang menyusui ini terletak tidak jauh dari halaman parkir blok A, hanya lebih kurang 100 meter atau tepat berada di samping toko buku Pustaka Tanah Air. Di depan ruang laktasi juga berjejer pedagang makanan seperti bakso, sate dan lainnya yang bisa diakses ibu menyusui.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) sekaligus Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Solok menyambut bahagia dengan adanya ruang menyusui khusus bagi ibu di kawasan pasar raya Solok ini. Menurutnya, dengan adanya ruang menyusui tersebut akan semakin memudahkan ibu menyusui.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

"Bukan hanya pengunjung yang bisa memanfaatkan fasilitas ini tapi juga ibu-ibu pedagang yang kadang juga membawa anaknya ikut ke pasar, sehingga kebutuhan ASI anak tetap bisa terpenuhi," jelas Elfia Reinier didampingi Plt Dinas PPPA Kota Solok.

Menurutnya, P2TP2A bertujuan untuk melakukan pelayanan bagi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta berupaya memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan perempuan dan anak dalam rangka terwujudnya Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Dengan adanya ruang menyusui ini, setidaknya juga membantu P2TP2A kota Solok dalam mendukung program pemberdayaan perempuan dan anak sehingga kota Solok menjadi kota yang betul-betul menjadi kota layak anak dimasa mendatang.

Disisi lain Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) mengatakan ruang menyusui tersebut terwujud berkat bantuan kementrian PPPA, Pemko Solok melalui dinas dan instansi/lembaga terkait..

"ASI menjadi kebutuhan yang mesti diberikan secara continue bagi anak hingga usia lebih kurang 2 tahun, agar pertumbuhan anak dan kekebalannya juga meningkat terhadap penyakit," sebut Yosmaini melalui telponnya, Sabtu 4 Maret 2017.

Lokasi ruang Menyusui disediakan oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok sementara petugas nantinya lansung disediakan oleh dinas PPA. Ruang menyusui tersebut buka setiap hari kerja dan sesuai jam kerja.

"Kita sediakan nanti petugas 1 orang setiap harinya, untuk melayani ibu-ibu yang hendak menyusui atau hanya untuk beristirahat bersama anak di Ruang menyusui, dan tidak dipungut biaya sama sekali," tutup Yosmaini. (Khadijah)

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial