Tinjau Pasar, Wawako : Pembenahan Pasar Raya Solok Butuh Dukungan Semua Pihak

wawako Solok Reinier berbincang dengan pedagang Pasar Raya Solok
wawako Solok Reinier berbincang dengan pedagang Pasar Raya Solok (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pembenahan pasar raya Solok hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah yang mesti dicarikan solusi bagi Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Berbagai upaya untuk mewujudkan pasar raya Solok menjadi pasar yang bersih, rapi dan nyaman terus dilakukan.

Pasar raya Solok selama ini tidak bisa dilepaskan dari kesan becek, bau dan sembraut. Image tersebut sudah lama melekat di wajah pasar raya Solok dan sungguh sulit membalik kondisi tersebut. Kendati demikian, Pemko Solok bersama pihak terkait terus berupaya mencarikan solusi mengurai persoalan klasik ini.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

"Yang jelas, pembenahan pasar Raya Solok menjadi salah satu fokus Pemko Solok untuk diwujudkan dan ini perlu kerjasama dan dukungan dari semua pihak," ungkap Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier saat berkunjung ke pasar raya Solok beberapa hari lalu.

Upaya pembenahan pasar raya Solok sudah mulai dirintis kembali oleh Pemko Solok dengan mengaktifkan lagi jalan lingkar pasar dari depan tugu carano hingga ke kawasan Masjid Al Furqon di Koto Panjang pada bulan Maret tahun lalu, alhasil jalan tersebut sudah kembali aktif dan mulai tertata rapi.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

Namun hal itu tidak bertahan lama, lambat laun para pedagang yang sebelumnya sudah direlokasi ke tempat yang disediakan untuk berjualan malah kembali memadati jalan lingkar dan melewati batas yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tidak adanya ketegasan terhadap seluruh pedagang membuat pedagang kembali berjualan di lokasi semula.

Kondisi tersebut, menghadapkan Pemko Solok berada pada posisi sulit antara rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap nasib pedagang kecil, serta ketegasan yang harus diambil demi perubahan wajah pasar raya menjadi lebih baik.

Diakui Reinier, Pembenahan pasar raya Solok tidak semudah membalik telapak tangan, Banyak hal yang mesti diperhatikan agar tidak merugikan berbagai pihak terutama pedagang yang selama ini telah menggerakkan roda perekonomian Kota Solok apalagi di masa krisis lampau.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

"Kalau pasar raya tertata dengan baik, bersih dan rapi, maka pedagang juga enak berjualan serta pengunjung menjadi nyaman untuk berbelanja. Muaranya juga untuk meningkatkan penghasilan pedagang," bebernya sambil bersosialisasi dengan pedagang.

Apalagi, jelas Reinier, Kota Solok diuntungkan dengan letaknya yang strategis di persimpangan utama lalu lintas, tinggal bagaimana memanfaatkan kelebihan letak strategis ini menjadi lebih optimal lagi sehingga Kota Solok bisa menjadi salah satu pusat ekonomi yang maju di wilayah Sumatera Barat.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Dan untuk memulai hal tersebut, salah satunya tentu dengan membenahi kembali pasar raya Solok sehingga layak menjadi pusat perekonomian yang lebih representatif. Bagaimana mewujudkan pasar sebagai pusat wisata belanja, bukan hanya sekedar kawasan jual beli semata.

Pada kunjungan tersebut, selain mendengar keluh kesah para pedagang, Reinier juga meninjau lansung sejumlah kawasan pasar raya. Dan Reinier terkejut menemukan sejumlah titik drainase yang sudah tidak berfungsi lagi, apalagi juga banyak sampah yang menumpuk didalamnya.

Berbagai jenis sampah menumpuk didalamnya, mulai dari sampah plastik dan lainnya. Reinier meminta dinas terkait untuk segera membenahi drainase tersebut agar tidak terjadi penyumbatan yang bisa memicu genangan air dan becek. Bahkan baunya pun tak sedap dihirup hidung.

Reinir berharap, para pedagang dan dinas terkait saling bahu membahu dalam mewujudkan pasar yang bersih, rapi dan nyaman bagi pengunjung."Kalau bersih dan rapi, Bapak/Ibu yang berjualan bisa lebih nyaman dalam berdagang," pesan Reinier.

Penulis: Webtorial