Walikota Solok Kembali Lantik 13 Pejabat di Lingkungan Pemko Solok

Wako Solok mengambil sumpah jabatan 13 Pejabat yang menempati posisi baru
Wako Solok mengambil sumpah jabatan 13 Pejabat yang menempati posisi baru (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Walikota (Wako) Solok H. Zul Elfian kembali melantik sejumlah pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setara Eselon II, Administrator atau setara Eselon III dan Pengawas atau setara Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Solok.

Hal tersebut terungkap dalam acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan yang digelar sore tadi di Aula Balaikota Solok, Jumat 24 Februari 2017. Sebanyak 13 pejabat Eselon II, Eselon III dan Eselon IV menempati posisi baru.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Pemberhentian dan pengangkatan belasan pejabat ini dikukuhkan melalui Surat Keputusan (SK) Wako Solok Nomor 188.45-126 tahun 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Pegawai Negri Sipil dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama , Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemko Solok .

Pada kesempatan itu, Wako Solok mengatakan pengangkatan pejabat Eselon II, III dan IV tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi agar penyelenggaraan kegiatan dan penyelesaian tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat terlaksana dengan baik.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

"Rotasi pejabat baik secara vertikal maupun secara horizontal tidak didasarkan atas kewenangan semata namun berdasarkan norma-norma kepegawaian yang berlaku, evaluasi kinerja dan aspek lainnya yang dilakukan secara cermat dan matang," ungkap Zul Elfian dihadapan Wakil Walikota (Wawako) Solok, Sekda dan undangan.

Dijelaskan Zul Elfian, aparatur yang ditempatkan merupakan aparatur yang dipandang mampu dan cakap sesuai kebutuhan organisasi serta dipandang memiliki kapabilitas dan integritas dalam menjalankan tugas yang diemban, sehingga kinerja pemerintah daerah dapat ditingkatkan.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

Dari 13 orang pejabat yang dilantik, dua diantaranya mengisi jabatan yang lowong akibat pengangkatan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sementara 11 orang lainnya dirotasi berdasarkan kebutuhan organisasi dan pertimbangan uji kompetensi pegawai yang bersangkutan.

"Rotasi 3 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau setara Eselon II merupakan hasil pertimbangan dan anasilas rekomendasi Panitia Seleksi (Pansel) terbuka JPT pratama yang telah mendapatkan rekomendasi dari Komisi ASN," sebut Zul Elfian.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Zul Elfian berharap, pejabat yang sudah dilantik dan semua pejabat struktural lainnya untuk dapat memahami dan menjalankan tugas pokok dan fungsi masing -masing. Perlu disadari Jabatan merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan baik kepada masyarakat, Negara maupun secara agama.

Berhasil atau tidaknya pembangunan di Kota Solok secara keseluruhan sangat bergantung pada kinerja masing-masing komponen yang ada didalam lingkungan pemerintahan Kota Solok. Demikian pula halnnya dengan keberhasilan dalam OPD juga sangat bergantung oada orang-orang yang ada didalamnya.

Berikut daftar rotasi dan mutasi yang dilakukan pemerintah Kota Solok kali ini :

1. Jefrizal,
Jabatan lama : Kadis Pertanian
Jabatan baru : Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Solok.

2. Helmiyati
Jabatan lama : Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan
Jabatan baru : Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan

3. Susweni
Jabatan lama : Ispektur Kota Solok
Jabatan baru : Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM

4. Refendi
Jabatan lama : Kabid Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Solok
Jabatan baru : Sekretaris dan Kawasan Pemukiman

5. Hendriyanto
Jabatan lama : Kasi Pelayanan Perizinan pada Bidang Pelayanan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Jabatan baru : Kasi Tenaga Kerja Bidang Pengaduan Advokasi dan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

6. Wisma veronika
Jabatan lama : Kasi Tenaga Kerja bidang Pengaduan Advokasi dan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
Jabatan baru : Kasi Pelayanan Perizinan pada Bidang Pelayanan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

7. Syafriadi Kencana
Jabatan lama : Kasi Pelayanan Informasi dan Pengaduan pada Bidang Pengaduan Advokasi dan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Jabatan baru : Kasi Pelayanan Non Perizinan pada Bidang Pelayanan Terpadu Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

8. Susi Herlina
Janatan lama : Kasi Pelayanan Non Perizinan pada Bidang Pelayanan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Jabatan Baru : Kasi Pelayanan informasi dan Pengaduan pada Bidang Pengaduan Advokasi dan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

9. Rahmawati Erpita
Jabatan lama : Kepala UPTD Labor Kesehatan Dinas Kesehatan
Jabatan baru : Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Alkon Dinas kesehatan

10. Yuldawati
Jabatan lama : Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Alkon Dinas kesehatan
Jabatan baru : Kepala UPTD Labor Kesehatan Dinas Kesehatan

11. Rasmita
Jabatan Lama : Kasubag Program dan Keuangan Sekretariat Dinas Kesehatan Kota Solok.
Jabatan baru : Kasi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

12. Emil Reza Razali
Jabatan lama : Kasi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.
Jabatan baru : Kasubag Program dan Keuangan Sekretariat Dinas Kesehatan Kota Solok.

13. Yusmeti
Jabatan lama : Fungsional Umum Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Solok
Jabatan baru : Kasi Distribusi dan Promosi Pemasaran Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan KUKM Kota Solok.

Fungsional Umum Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Solok diantaranya:

1. Firmansyah
Jabatan lama : Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setda Kota Solok.

2. Patrial Panai
Jabatan lama : Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kota Solok

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial