TP-PKK Kota Solok: Bangun Keluarga Sejahtera melalui 10 Program Pokok PKK

Wawako Solok Reinier bersama Pengurus TP-PKK serta OPD terkait usai Rakor di Gedung Kubuang XIII
Wawako Solok Reinier bersama Pengurus TP-PKK serta OPD terkait usai Rakor di Gedung Kubuang XIII (Humas Setda Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), memanggul peran yang strategis dalam menyukseskan pembangunan daerah melalui 10 program utama PKK dalam membina dan membentuk serta membangun kesejahteraan keluarga.

Apalagi dengan kondisi kekinian daerah, PKK lebih memiliki peran penting dalam membangun keluarga yang kuat dan mandiri sebab keluarga merupakan unit terkecil yang harus dibangun terlebih dahulu dalam menyukseskan pembangunan daerah.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

"Kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer pembangunan daerah, disinilah peran penting PKK untuk mendorong terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, harmonis dengan berlandaskan ABS-SBK. Syara' mangato, adat mamakai," ungkap Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier ketika membuka Rakor TP-PKK Kota Solok di gedung Kubuang XIII Kota Solok.

Untuk menyukseskan program pokok PKK, TP-PKK Kota Solok harus bersinergi dalam bentuk program dan kerjasama dengan pihak terkait terutama dengan instansi pemerintah dan lembaga bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

Reinier berharap, TP PKK Kota Solok lebih proaktif ke depan dalam memperkuat manajemen kelembagaan dalam mengembangkan jaringan mitra sinergis dan lembaga kemasyarakatan lainnya. Hendaknya program kerja TP-PKK juga diselaraskan dengan visi dan misi daerah.

"Tingkatkan terus kualitas pengetahuan dan keterampilan jajaran PKK dan tingkatkan terus potensi kelompok-kelompok dasawisma dalam menggerakkan 10 program pokok PKK," harap Reinier di hadapan puluhan TP-PKK Kota Solok dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

Sementara itu, Ketua TP-PKK kota Solok mengatakan dalam menjalankan program PKK tahun 2016 telah banyak hal positif yang berhasil dicapai dalam pembangunan keluarga yang lebih sejahtera di Kota Solok melalui program pokok PKK.

Di samping berbagai capaian tersebut, ditemukan juga berbagai persoalan yang berkaitan dengan pembangunan keluarga sejahtera namun dengan semangat dan keikhlasan, semua itu dapat diatasi dengan menggerakkan potensi dan pemberdayaan keluarga.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

"Terimakasih kepada segenap pembina, jajaran pengurus TP-PKK Kota Solok yang mau bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam rangka mewujudkan pembangunan keluarga sejahtera yang tentunya juga bermuara pada pembangunan daerah," ungkap Zulmiyetti Zul Elfian.

Sejumlah prestasi juga berhasil diukir oleh TP-PKK Kota Solok baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Ditingkat Provinsi diantaranya Juara I lomba gerakan PKK KB Kes tingkat Provinsi Sumbar, Juara I penilaian Keluarga Harmonis, Juara Harapan I lomba menu PMT AS dan lainnya.

"Sementara Penghargaan tingkat Nasional, TP-PKK Kota Solok berhasil meraih Juara III lomba masakan khas daerah tingkat nasional di Jogjakarta beberapa waktu lalu," tutupnya.

Ketua Dharma Wanita (DW) Ria Risdianto menyebutkan, Rapat Koordinasi TP-PKK Kota Solok ditujukan untuk memsinkronkan program kerja TP-PKK dengan program kerja OPD yang menjadi mitra kerja PKK Kota Solok.

"Melalui rakor ini diharapkan juga terjadi kesamaan persepsi dan pedoman dalam pelaksanaan operasional dari masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) dan dapat menetapkan program/kegiatan unggulan di kelurahan-kelurahan," beber Ria Risdianto.

Penulis: Webtorial