Walikota Toyohashi Jepang Kembali Kunjungi Kota Solok

Walikota Toyohashi dan rombongan disambut tari pasambahan di Lobi Balaikota Solok.
Walikota Toyohashi dan rombongan disambut tari pasambahan di Lobi Balaikota Solok. (Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Untuk kedua kalinya, Walikota (Wako) Toyohashi Jepang, Koichi Shara kembali menyambangi Kota Solok, setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Juli 2015 lalu, dimana Wako dari Negri Sakura ini berkunjung untuk pertama kalinya saat itu ke Kota Beras Serambi Madinah.

Kedatangan Koichi Sahara beserta rombongan lansung disambut oleh Wako Solok H. Zul Elfian, Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah di Kantor Balaikota Solok.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Wako Solok mengatakan, kedatangan Wako Toyohashi bersama rombongan untuk kedua kalinya merupakan tindak lanjut kerjasama di bidang pemurnian air bersih di Kota Solok yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

"Kerjasama ini sudah sangat membantu dalam perubahan dibidang pelayanan air besih di Kota Solok, mulai dari berkurangnya kekeruhan air PDAM dan kelancaran distribusi air di Kota solok," Sebut H. Zul Elfian didampingi Wako Toyohashi, Koichi Sahara.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

Dikatakan Zul Elfian, kerjasama di bidang pemurnian air bersih sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu hanya saja saat itu baru sebatas 'People to People', namun tahun 2015 baru ditindak lanjuti dengan kerjasama resmi antara Kota Solok dengan Kota Toyohashi berkat bantuan JICA.

Kunjungan Tim PDAM Kota Toyohashi ke Kota Solok dalam rangka pelatihan teknologi pemurnian air bersih yang sudah dilakukan lebih kurang 7 kali sejak disepakatinya kerjasama tersebut. Adanya kerjasama di bidang pemurnian air bersih ini sangat membantu dalam mempercepat penyelesaian persoalan air bersih yang selama ini terjadi di Kota Solok.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

Menurut Zul Elfian, kerjasama ini rencananya akan terus dilakukan hingga tahun 2018 mendatang. Tidak hanya kerjasama pemurnian air bersih yang melibatkan PDAM Kota Solok dan PDAM Kota Toyohashi Jepang namun juga kerjasama di bidang lainnya.

"Dari hasil kunjungan ke Kota Toyohashi pada desember 2016 lalu, kami menyaksikan lansung kemajuan pembangunan di Kota Toyohashi. Makanya, kita akan upayakan kerjasama di bidang lainnya," tambah Zul Elfian.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Rencananya, kerjasama dibidang lain yang akan digagas Pemko Solok dengan Kota Toyohashi jepang yakni kerjasama di bidang peningkatan SDM Pertanian untuk menangani usaha pertanian di perkotaan dengan lahan terbatas.

Kerjasama di bidang lain juga menjadi target kerjasama Kota Solok dengan Kota Toyohashi seperti kerjasama dalam pengelolaan limbah, kerjasama di bidang tenaga kerja dan bidang lainnya yang memungkinkan.

"Kita akan berupaya menyiapkan tenaga kerja yang terlatih untuh dapat bekerja secara profesional dengan Kota Toyohashi, mudah-mudahan berjalan dengan baik," sebut Zul Elfian.

Zul Elfian juga berharap, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kota Solok dapat memanfaatkan secara optimal kerjasama dengan Pemerintah Kota Toyohashi.

Sementara itu, Wako Toyohashi Koichi Sahara melalui translatornya mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kerjasama dengan pihak Kota Solok yang sudah dilakukan beberapa tahun terakhir.

"Semoga kerjasama ini bisa memberikan manfaat bagi dua daerah yang berbeda negara, saya sangat senang dengan sambutan yang diberikan Kota Solok," ungkapnya.

Usai menggelar pertemuan di Kantor Balaikota Solok, Wako Toyohashi dan Wako Solok serta rombongan lansung berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Buah. Kunker (Kunjungan kerja) Wako Toyohashi ini direncanakan hanya berlangsung selama satu hari saja di Kota Solok.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial