Benahi Pengelolaan Air Bersih, Pemko Solok Gandeng Kota Toyohashi Jepang

Wako Solok H. Zul Elfian bersama Dirut PDAM Kota Solok Ridwan menjamu Tim Teknis Toyohashi Jepang
Wako Solok H. Zul Elfian bersama Dirut PDAM Kota Solok Ridwan menjamu Tim Teknis Toyohashi Jepang (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Guna menjawab persoalan air bersih yang selama ini menjadi problematika di tengah masyarakat Solok, Pemerintah Kota (Pemko) Solok menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Toyohashi Jepang. Kerjasama dengan salah satu kota di Negri Sakura tersebut dalam hal pemurnian air Bersih dan manajemen pengolahan air.

Kerjasama yang sudah dijalin sejak dua tahun silam ini, kembali ditindak lanjuti dengan kunjungan Tim Teknis dari PDAM Kota Toyohashi beberapa hari lalu. Kunjungan Tim Teknis yang dipimpin oleh Kazunori Asakawa dengan sejumlah anggotanya disambut langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian dan Dirut PDAM Ridwan di rumah dinas Walikota Solok.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Kunjungan Tim Teknis tersebut merupakan kunjungan balasan setelah beberapa bulan lalu, Walikota Solok juga diundang ke Kota Toyohashi untuk memantapkan kerjasama yang sudah disepakati sejak 2015 lalu saat Walikota Toyohashi melakukan kunjungan ke Kota Solok.

Keberadaan Tim Teknis asal Jepang ini di Kota Beras dalam rangka memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap PDAM Kota Solok yang direncanakan akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 23 Februari mendatang. Dan juga diagendakan akan ditutup dengan kunjungan kembali dari Walikota Toyohashi.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

Walikota Solok mengatakan, dengan adanya kunjungan dari Tim Teknis Negri Sakura ini ke Kota Solok diharapkan akan mampu memberikan solusi mengenai persoalan air bersih yang selama ini menjadi kendala yang banyak dikeluhkan warga Kota Solok.

"Pemenuhan air bersih bagi warga Kota Solok menjadi salah satu prioritas untuk diselesaikan, mudah-mudahan dengan adanya kerjasama dengan pihak Kota Toyohashi bisa mengurai akar permasalahan air bersih yang muncul selama ini," Sebut Zul Elfian.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

Zul Elfian berharap PDAM Kota Solok sebagai perusahaan milik daerah yang membidangi pengelolaan air di Kota Solok tidak menyia-nyiakan kesempatan langka ini dengan menyerap dan menggali ilmu dari Tim Teknis Asal Toyohashi Jepang tersebut.

“kita sangat berharap akan ada perubahan signifikan usai Bimtek ini, PDAM harus cepat tanggap dan memberikan hasil yang maksimal terhadap kebutuhan air bersih di Kota Solok,” harap Zul Elfian.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Dirut PDAM Kota Solok mengatakan, dengan adanya kerjasama tersebut, akan ada alih teknologi pengolahan air dari Kota Toyohashi yang sudah sangat maju dan modern ke kota Solok.

Bahkan di Kota Toyohashi, air minum sudah bisa diakses lansung dari kran air tanpa harus direbus terlebih dulu. "Jika berjalan-jalan di Kota Toyohashi, kemudian terasa haus, kita bisa langsung meminum air bersih yang keluar dari kran umum,” kata Dirut PDAM Kota Solok Ridwan.

Kebutuhan air bersih di Kota Solok selalu meningkat, berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah penduduk dan kawasan perumahan yang baru. Oleh karena itu, pembenahan untuk pemenuhan air bersih menjadi prioritas yang harus segera diselesaikan.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial