Kerjasama dengan IUCCI Turki, Kota Solok Bakal Punya Ponpes Tahfidz

Walikota Solok dan perwakilan dari Turki berfoto bersama usai peletakkan batu pertama.
Walikota Solok dan perwakilan dari Turki berfoto bersama usai peletakkan batu pertama. (istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Julukan 'Kota beras Serambi Madinah' yang disandang Kota Solok bukan hanya sebatas retorika belaka. Pemerintah Kota Solok terus berupaya kembali menghidupkan syiar agama di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Salah satunya menjalin kerjasama dengan Yayasan United Islamic Cultural Center Of Indonesia (IUCCI) Turki. Dari kerjasama tersebut, yayasan IUCCI pun berkenan membangun sebuah pondok pesantren (ponpes) Tahfidz Sulaimaniyyah Darianis Yatim Solok yang dibangun di Kelurahan Laing, Kota Solok .

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Dimulainya pembangunan Ponpes Penghafal Al Quran yang sudah diimpikan masyarakat Kota Solok tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Solok H. Zul Elfian.

Pembangunan Ponpes Tahfidz Sulaimaniyyah Darianis Yatim Solok tersebut akan dikebut dan diperkirakan akan rampung pada bulan Juni nanti, sehingga dapat dioperasikan langsung dengan menerima siswa baru.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

"Semua usaha akan kita upayakan untuk percepatan pembangunan Ponpes ini," ungkap Walikota Solok H. Zul Elfian usai peletakan batu pertama.

Dengan dibangunnya Ponpes tersebut, diharapkan mampu melahirkan generasi hafal dan memahami Al Quran yang sudah sulit ditemui saat ini. Namun juga, tidak tertinggal dari segi pengetahuan dan kemampuan sesuai perkembangan zaman.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Nantinya, siswa yang terpilih akan dikirim ke Turki untuk belajar lebih dalam pengetahuan agama. "Sehingga diharapkan juga bisa lahir generasi yang akan menjadi agen positif dalam menyiarkan agama di Kota Solok menuju kota yang diberkahi," katanya.

Bahkan, masyarakat setempat juga mau mewakafkan tanah untuk pembangunan Ponpes yang berada di samping SMKN 3 Solok dan masih banyak masyarakat yang berkenan mewakafkan tanahnya jika tanah pembangunan tidak cukup.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

"Saya sangat senang dengan antusias masyarakat membantu agar Ponpes ini bisa berdiri. Hal ini menandakan masyarakat sangat mendukung dalam pembangunan daerah," ungkap Walikota yang juga dikenal seorang Buya di Kota Solok ini.

Pembangunan Ponpes Tahfidz Sulaimaniyyah Darianis Yatim di Kota Solok merupakan ponpes ke-28 yang dibangun di Indonesia melalui kerjasama dengan yayasan UICCI Turki.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang (LKAAM) Kota Solok , H. Rusli Khatib Sulaiman mengatakan, dengan dibangunnya Ponpes ini merupakan langkah untuk membumikan Al Quran di Kota Solok .

"Al Quran dan hadits merupakan pegangan hidup yang tidak boleh ditinggalkan jika ingin selamat mengarungi hidup di dunia dan akhirat kelak," sebutnya.

Dengan menghafal dan memahami Al Quran diharapkan generasi muda Solok memiliki karakter yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan dan negara.

Pemerintah Kota Solok tidak hanya fokus membangun sisi keagamaan dari kalangan pelajar saja namun juga masyarakat umum dengan adanya penyuluh agama khusus 'Dokter Rohani' yang baru diseleksi beberapa waktu lalu dan berbagai program lainnya.

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto