Wujudkan Swasembada Daging, Pasaman Jadi Sentra Agribisnis di 2017

Peternakan sapi di Sumbar.
Peternakan sapi di Sumbar. (istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman -Sumbar bakal menjadikan Kecamatan Tigo Nagari sebagai sentra agribisnis peternakan pada tahun 2017 ini. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mewujudkan swasembada daging di tahun 2017. 

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman , Romi Zuswandi kepada KLIKPOSITIF , Selasa 6 Februari 2017 mengatakan, dijadikannya Kecamatan Tigo Nagari sebagai sentra agribisnis peternakan karena daerah itu sangat cocok sebagai pengembangan hewan ternak seperti sapi.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Menurut Romi, alasan ditetapkannya Kecamatan Tigo Nagari sebagai sentra agribisnis karena daerah tersebut sangat cocok sebagai pengembangan hewan ternak, terutama sapi. Selain itu, katanya, daerah itu juga sangat lancar hubungan transportasinya dengan Kabupaten tetangga lainnya dan Ibukota Provinsi.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

Jika dibandingkan dengan kecamatan lainnya yang ada di Pasaman ini, sehingga sangat mudah berkorrdinasi dan menarik peminat baik itu para konsumen maupun penjual dari daerah lain. "Kecamatan Tigonagari juga telah mempunyai pasar ternak. Pakan sapi juga sangat memadai di daerah itu,” katanya.

Sebelum dijadikan sebagai sentra agri bisnis peternakan, dia juga mengaku bakal memaksimalkan berbagai sarana dan prasarana. “Kami akan melengkapi fasilitas yang kurang di pasar ternak seperti perbaikan gedung dan sarana lainnya. Kita juga akan menempatkan petugas medis di kawasan itu,” kata Romi.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

[Hendra]

Penulis: Agusmanto