Bupati Pasaman: Pemkab Berhutang Budi ke Pemprov Riau

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat berdikusi dengan perantau dan tokoh masyarakat Pasaman di Pekanbaru.
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat berdikusi dengan perantau dan tokoh masyarakat Pasaman di Pekanbaru. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman , Yusuf Lubis menyatakan Kabupaten Pasaman , Sumbar berhutang budi terhadap Pemprov Riau terkait dengan suksesnya pembangunan jembatan Batang Sumpur Tibawan yang menghubungkan akses Kabupaten Pasaman dengan Provinsi Riau.

"Kita sangat berhutang budi dengan Gubernur Riau, karena telah mengabulkan permintaan Pemkab Pasaman ," kata Yusuf Lubis saat Raker IKP-PBR Provinsi Riau dan Musda IKP-PBR Kota Pekan Baru dan pengukuhan pengurus IKP-PBR Kota Pekan Baru 2017-2021 serta siraturahmi keluarga besar IKP-PBR Riau, Minggu 5 Februari 2017.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Seiring dengan itu, Yusuf Lubis meminta kepada ribuan perantau Pasaman dan Pasaman Barat di Riau agar ikut mendukung dan menyukseskan program Pemprov Riau dalam membangun provinsi yang terkenal dengan penghasil minyak tersebut. Dengan terhubungnya akses transportasi ke dari Pasaman ke Riau, maka, berbagai hasil potensi alam Pasaman akan lebih mudah dijual ke Riau.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

Kemudian ongkosnya akan lebih mudah, sebab jarak tempuh akan semakin pendek dan bedanya ada tiga jam dari kalau dibandingkan menempuh jalur Bukittinggi. Apalagi Pasaman terkenal dengan potensi ikan, coklat, pisang manis dan lainnya. " Kita berharap jalan yang belum selesai diaspal bisa dilanjutkan secara berkesinambungan," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Pasaman yang ada di Padang, H. Hasbullah Nasution kepada KLIKPOSITIF mengatakan, tuntasnya pembangunan jembatan yang menghubungkan Pasaman dan Riau menunjukkan adanya perkembangan signifikan di Pasaman dan terjadinya hubungan yang harhonis antara dua pemerintahan.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

"Ini akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat Pasaman . Dan akan terjadinya peningkatan pendapatan warga, sebab transfortasi merupakan urat nadi dari dari perekonomian," sebut Hasbullah Nasution.

Dia berharap kedepannya, bukan hanya akses jalan ke Riau saja, tapi akses jalan ke Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Madina dan Kabupaten Lima Kota. Sebab, ini akan membuka sentra ekonomi masyarakat. Berbagai potensi alam Pasaman bisa dijual ke kabupaten atau provinsi tetangga.

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

"Sebagai tokoh Pasaman , saya pun akan ikut berjuang untuk membungun Pasaman dari berbagai asfek kedepannya. Ke depannya tidak hanya mengandalkan dana APBD saja, tapi juga menggaet dana dari pusat dengan berbagai program," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKP-PBR Provinsi Riau, Ir. H. Darmansyah Malik mengatakan, sangat mengapresiasi program yang telah dibuat Gubernur Riau yang membangun jembatan menghubungkan Riau dengan Pasaman . "Kita perantau Pasaman yang ada di Riau wajib menyukseskan program pemerintah Riau," ujarnya.

[Man St Pambangun]

Penulis: Agusmanto