Optimalkan Sumber Air yang Ada, Wawako Tinjau Batang Imang Payo

Wawako Solok H. Zul Elfian berdiskusi lepas terkait pengoptimalan sumber air Batang Imang Payo.
Wawako Solok H. Zul Elfian berdiskusi lepas terkait pengoptimalan sumber air Batang Imang Payo. (Humas Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pemenuhan kebutuhan akan air bersih masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota Solok . Guna mencukupi kebutuhan akan air bersih bagi warga, Pemerintahan Kota (Pemko) Solok dituntut mencari sumber air bersih.

Untuk saat ini, pasokan air bersih bagi warga Kota Solok masih dinilai jauh dari kebutuhan, tak ayal keadaan ini berujung keluhan dari warga akibat seringnya putus aliran air hingga kualitas air yang mengalir ke rumah warga.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

"Kita masih mencari sumber air bersih yang nantinya dapat dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih," ujar Walikota Solok, Zul Elfian ketika meninjau Kapalo Banda Imang Payo di kawasan Tanah Garam.

Dalam kunjungan itu, Walikota Solok Zul Elfian didampingi tim yang terdiri dari beberapa perangkat daerah, seperti Dinas Pertanian, PUPR, Kominfo, Dinas LH, Bappeda, PDAM dan Balitbang serta dinas terkait lainya. Dengan harapan dapat ditindak lanjuti sesuai dengan Tupoksi dinas masing-masing.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Sumber mata air yang ada di kapalo banda Imang Payo diyakini akan dapat mengatasi masalah kebutuhan air bersih bagi warga kota yang selalu menjadi keluhan masyarakat selama ini. Kalau sumber air bersih ini layak, lanjut Zul Elfian, tinggal bagaimana pemerintah Kota Solok melalui PDAM dapat memanfaatkan sumber air tersebut.‎

Bahkan, untuk mewujudkan harapan Pemko Solok, Zul Elfian menyempatkan diri bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat setempat. Dan dihadapan tokoh masyarakat Payo, Zul Elfian sangat mengharapkan dukungan dalam melakukan langkah pengembangan terhadap sumber air imang Payo.‎

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

”Sangat dibutuhkan dukungan, baik dari pemerintah, DPRD serta seluruh masyarakat setempat. Sehingga, pengembangan sumber air ini dapat terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Zul Elfian, Sabtu 28 Januari 2017.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga kota, Pemko Solok juga telah menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan Kota Toyashi, Jepang‎. Selain itu, mencari dan memanfaatkan sumber air yang ada dan memungkinkan untuk dikembangkan sebagai sumber air bersih juga terus digali.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Setiap tahunnya, kebutuhan akan air bersih bagi warga Kota Solok terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan kota. Untuk saat ini saja cukup banyak pemukiman dan perumahan yang tumbuh di Kota Solok .

Dan selama ini, lanjut Zul Elfian, keluhan masyarakat akan kebutuhan air bersih selalu menjadi persoalan. Salah satu langkah untuk mengatasi persoalan itu, lanjutnya harus ada sumber air yang memadai untuk dapat diolah menjadi air bersih.

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto