Kota Solok Raih Piala WTN 2016

Walikota Solok, H. Zul Elfian bersama Kepala Dinas Perhubungan, Fidly Wendi Alfi, Kapolres Solok Kota, AKBP Susmelawati Rosya saat penyerahan piala WTN.
Walikota Solok, H. Zul Elfian bersama Kepala Dinas Perhubungan, Fidly Wendi Alfi, Kapolres Solok Kota, AKBP Susmelawati Rosya saat penyerahan piala WTN. (istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Setelah tahun 2015 Kota Solok hanya memperoleh plakat Wahana Tata Nugraha (WTN), akhirnya di tahun 2016 ini Kota Solok bisa membawa piala WTN ke Kota Beras Serambi Madinah untuk tahun 2016. Piala WTN merupakan bukti keberhasilan pemerintah daerah dalam menata transportasi perkotaan.

Piala WTN berbeda dibanding dengan plakat WTN yang hanya merupakan penghargaan untuk kategori terendah dalam penilaian pengelolaan sistim transportasi yang dialakukan di daerah. Hasil penataan berkelanjutan berbasis kepentingan masyarakat dan lingkungan sehingga terciptanya budaya tertib lalu lintas di Kota membuatnya berhasil membawa pulang piala.

Walikota Solok menerima piala WTN.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Bagi Kota Solok , penghargaan berupa Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) yang diberikan oleh pemerintahan pusat bukanlah hal yang asing lagi, karena Penghargaan serupa juga pernah diraih Kota Solok dulunya.

Menurut Wali Kota Solok Zul Elfian, dengan kembalinya Kota Solok meraih piala WTN, menunjukan adanya peningkatan kesadaran warga Kota Solok yang semakin mencintai budaya tertib berlalu lintas.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

"Alhamdulillah kita berhasil memperoleh Piala WTN kategori lalu lintas tahun 2016. Ini merupakan bukti kerja keras serta perbaikan yang terus menerus kita lakukan dalam tata kelola transportasi di kota solok ,” ungkap Zul Elfian.

Namun Walikota berpesan, apa yang telah diraih merupakan sebuah tanggungjawab untuk mempertahankannya. Penghargaan yang sudah diraih dalam bentuk pengakuan ini hendaknya tetap menjadi motivasi bagi semua pihak.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Piala WTN ini langsung diterima oleh Walikota Solok H. Zul Elfian dari Direktur jendral Perhuhungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Pudji Hartanto pada Selasa 31 Januari 2017 malam di Merlyn Park Hotel, Jakarta.

Kota solok terpilih sebagai penerima Piala WTN tahun 2016 kategori lalu lintas tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KP. 588 Tahun 2016 tentang Penerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk pemerintah kabupaten dan kota tahun 2016.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Pencapaian atas penghargaan ini tentunya tidak terlepas dari terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan yang didukung oleh TNI, POLRI dan instansi terkait lainnya yang telah bekerja keras dalam pengupayakan mengubah wajah lalu lintas kota yang dijuluki Kota Beras Serambi Madinah ini menjadi lebih baik.

Beberapa langkah yang dilakukan Dinas Perhubungan dalam upaya meraih penghargaan bergengsi di bidang lalu lintas dan angkutan diantaranya, perbaikan sarana dan prasarana lalu lintas di sepanjang jalan-jalan protokol Kota Solok , seperti, marka jalan dan rambu lalu lintas. Disamping itu, juga dilakukan perbaikan sarana jalan bagi angkutan kota yang ada di Kota Solok .

Bahkan, Pemko Solok tidak saja fokus pada pembangunan sarana dan prasarana penunjang transportasi publik, pembinaan kepada pelaku usaha serta masyarakat yang berhubungan langsung dengan pemanfaatan jasa transportasi di Kota Solok juga mendapat perhatian serius.

Dengan menerapkan aspek penataan sistim transportasi publik yang berkelanjutan, Pemko Solok dalam menata sistim transportasi publik di Kota Solok juga memperhatikan dampak lingkungan yang timbul dari aktifitas transportasi publik itu sendiri.

"Dalam penataan transportasi kita juga mempertimbangkan banyak aspek. Tidak saja aspek kelancaran sistim transportasi saja yang menjadi pertimbangan namun juga dampak lingkungan selalu kita sinergikan dalam penataan transportasi publik di Kota Solok ," tambah Zul Elfian.

‎Dengan dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat, secara perlahan Pemko Solok terus berbenah diri sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya dalam sektor transportasi.

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto