Kodim dan Pemkab Pasaman Gelar Apel Nusantara

"Dalam kegiatan itu, para peserta upacara tampil dengan berbagai pakain adat"
Suasana Apel Nusantara di Halaman Kantor Bupati Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Kodim 0305 Pasaman bersama Pemerintah Daerah setempat menggelar Apel Nusantara Bersatu di halaman kantor bupati setempat pada Rabu 30 November 2016. 

Dalam kegiatan itu, para peserta upacara tampil dengan berbagai pakain adat, sehingga lebih menonjolkan keberagaman. Dalam kegiatan itu tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan siswa juga menyampaikan orasi secara bergantian ke atas panggung terkait komitmennya untuk menjaga NKRI.

Dandim 0305 Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramundhito mengatakan kegiatan apel gerakan Nusantara Bersatu ini dilaksanakan bertujuan untuk menggugah rasa nasionalisme dan patriotisme, sehingga kondusifitas di wilayah tetap terjaga dengan baik.

‎"Kegiatan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Ini membuktikan bahwa kita selalu kompak dan damai, seperti terlihat para peserta tampil dengan pakaian adat masing-masing tetapi tetap satu yakni warga negera Indonesia" sebutnya.

Pihaknya ‎menghimbau agar masyarakat dari lintas agama maupun eleman masyarakat bisa menciptakan kondisi yang kondusif di Pasaman terkait adanya isu-isu yang bisa memecah NKRI tersebut.

"Kita minta kepada seluruh elemen masyarakat di Pasaman jangan sampai terprovokasi dengan isu-isi yang tidak bertanggung jawab. Mari kita ajak seluruh umat kita untuk bersama-sama mengamankan wilayah kita dari upaya-upaya oknum tertentu yang ingin menghancurkan bangsa," tutur Cosmas.

‎Sementara itu tokoh masyarakat Kabupaten Pasaman, Hanafi Boer mengatakan semua masyarakat harus mempertahankan 4 konsensus dasar, yakni pancasila, UUD 1945, NKRI, dan prinsip Bhineka Tunggal Ika.

"Keempat konsensus itu adalah pilar yang menjadi dasar dan identitas negara kita indonesia. Kita tidak boleh mundur dalam mempertahankan ke 4 pilar tersebut, apapun caranya, apapun tantangannya kita harus mempertahankannya," ... Baca halaman selanjutnya