Di Tengah Wabah Corona, Pemko Solok Tetap Langsungkan Musrenbang RKPD 2021

Wawako Solok, Reinier membuka Vicon Musrenbang RKPD 2021 (Prokomp)
Wawako Solok, Reinier membuka Vicon Musrenbang RKPD 2021 (Prokomp) (Humas dan Protokol Pemko Solok)

KOTA SOLOK , KLIKPOSITIF - Di tengah wabah virus Corona, Pemerintah kota Solok tetap melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2021, Rabu (8/4/2020).

Berbeda dengan Musrenbang RKPD tahun sebelumnya, kali ini dilakukan dengan media Video Conference (Vicon). Musrenbang dibuka langsung Wakil Wali Kota (Wawako) Solok , Reinier di E-Gov Monitoring Room Balai Kota Solok .

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

Dalam pelaksanaannya, Vicon juga terhubung langsung dengan ketua DPRD kota Solok , Yutriscan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat Hansastri, serta seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Solok , Camat, Lurah, organisasi profesi, serta organisasi kemasyarakatan.

"Karena wabah Covid-19 pelaksanaan musrenbang digelar secara Vicon. Namun hal ini tidak mengurangi keseriusan kita dalam menyusun RKPD Kota Solok untuk Tahun 2021," ungkap Reinier membuka pelaksanaan Musrenbang.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

Dikatakannya, meski ditengah terpecahnya konsentrasi dalam penanganan wabah Corona, tidak membuat pemerintah daerah harus meninggalkan berbagai rencana dan program pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat.

Apalagi, musrenbang kali ini merupakan penyusunan program di tahun terakhir guna pencapaian visi-misi yang telah tertuang dalam RPJMD Kota Solok Tahun 2016-2021. Menurutnya, masih ada prioritas pembangunan yang belum terselesaikan.

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

"Kita harus memperhatikan akselerasi pembangunan dalam mewujudkan visi. Berpacu untuk lebih maju meningkatkan kinerja pembangunan yang akan menjadi catatan sendiri bagi Kota Solok dengan penajaman program di tahun besok," pesan Reinier.

Prioritas pembangunan Kota Solok Tahun 2021 masih melanjutkan pembangunan RSUD Kota Solok , serta kelanjutkan pembangunan kantor Dinas Pertanian Kota Solok serta penuntasan seluruh target yang tertuang dalam RPJMD.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

"Dalam pengajuan program kegiatan, kita juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Program yang diusulkan harus merupakan prioritas utama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak," tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok , Yutris Can mengatakan, Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD merupakan salah satu usulan dalam rancangan awal RKPD. Melalui musyawarah berjenjang, rencana strategis OPD dan mengakomodir pokok pikiran seluruh anggota DPRD berdasarkan hasil reses yang telah dientry kedalam e-planning.

"Untuk itu, selesai pelaksanaan Musrenbang dan finalnya RKPD 2021, DPRD Kota Solok akan menunggu KUA-PPAS yang akan menjadi rujukan kerangka APBD 2021," sebut Yutris Can.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Hansastri mengingatkan, integrasi, sinergi dan sinkronisasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi, serta nasional dan alokasi kegiatan strategis nasional harus berjalan satu arah.

Pihaknya sangat mengapresiasi Pertumbuhan ekonomi Kota Solok Tahun 2019 cukup bagus yakni sebesar 5,53%. Angka itu diatas pertumbuhan ekonomi provinsi Sumbar yang berada di angka 5,05%, dan pertumbuhan ekonomi nasional 5,02%.

[Rilis]

Editor: Khadijah