Wawako Solok Lantik Empat Pejabat Administrator dan Fungsional Guru

Wawako Solok mengambil sumpah jabatan pejabat dan guru yang dilantik.
Wawako Solok mengambil sumpah jabatan pejabat dan guru yang dilantik. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat administrator dan fungsional guru di lingkungan Pemerintah Kota Solok , Kamis (2/4/2020) di Aula BKPSDM Kota Solok .

Pejabat yang dilantik diantaranya, Agusmil selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusmandri sebagai Sekretaris Dinas Pangan, David sebagai Fungsional Guru Pertama unit tugas SD 18 Tanjung Paku ,serta Leni Puspita Sari sebagai Fungsional Guru Pertama dengan unit tugas SDN 14 Laing.

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

Menurut Reinier, pelantikan terhadap pejabat administrator dan fungsional guru yang dilakukan sudah melalui proses dan mekanisme yang diatur perundangan dan sudah mendapat izin dari Kemendagri.

"Pelantikan pejabat kali ini, telah dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku dan tentunya sudah mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri," ungkap Reinier.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

Diakui Reinier, seharusnya enam bulan sebelum berakhir masa jabatan, tidak diizinkan lagi untuk melakukan pelantikan pejabat terkecuali sudah mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri.

Kepada pejabat dan fungsional guru yang dilantik, Wawako berpesan untuk segera mempelajari dan menguasai tugas pokok dan fungsi yang di emban, hal itu harus dilakukan oleh semua pejabat yang ada di lingkungan Pemko Solok .

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

Reinier menekankan pada dua sekretaris yang baru saja dilantik, Posisi yang ditempati sangat sentral dan merupakan motor penggerak dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Komunikasi ke atas dan ke bawah harus berjalan dengan baik.

"Sekretaris adalah motor dari segala macam organisasi, Jangan sampai disia-siakan. Bangun komunikasi dengan kepala OPD masing-masing agar lebih pas dalam menjalankan roda organisasi," pesannya.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Sementara itu, Kepada para guru yang baru dilantik sebagai fungsional guru pertama, Reinier mengatakan, menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah. Guru harus mampu memberikan contoh dan teladan bagi murid dan lingkungan.

"Jalankan tugas dengan ikhlas dan sepenuh hati, ingat masa depan generasi penerus terletak di tangan para guru. Dedikasikan pengabdian terbaik untuk mencetak generasi yang lebih baik kedepannya," tutup Reinier.

Tidak seperti pelantikan biasanya, pengambilan sumpah terhadap empat pejabat administrator dan fungsional guru dilakukan dengan jumlah orang terbatas, hal itu untuk menghindari kerumunan dalam pencegahan Covid-19

[Syafriadi]

Editor: Khadijah