Cegah Penyebaran Corona, Wako Solok Minta Masyarakat Hindari Keramaian

Wako Solok, Zul Elfian memimpin langsung penyemprotan desinfektan pada sejumlah Fasum di Kota Solok.
Wako Solok, Zul Elfian memimpin langsung penyemprotan desinfektan pada sejumlah Fasum di Kota Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian mengimbau masyarakat kota Solok agar lebih waspada terhadap potensi penyebaran virus Corona (COVID-19) yang sudah mulai menyebar di wilayah Sumatra Barat.

Menurutnya, upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona bukan hanya tugas dan tanggungjawab pemerintah dan pihak terkait semata, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan.

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

"Harus bersama-sama, ancaman virus Corona bukanlah hal main-main, mesti menjadi perhatian seluruh pihak," ungkap Zul Elfian disela penyemprotan desinfektan di Taman Syech Kukut, Kamis (26/3/2020).

Dalam masa waspada penyebaran virus Corona, pihaknya meminta seluruh masyarakat dan pihak terkait untuk menunda berbagai bentuk pelaksanaan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak atau massa.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

Kegiatan yang sangat dianjurkan untuk ditunda meliputi pertemuan budaya, sosial dan keagamaan dalam bentuk seminar atau lokakarya, begitu juga dengan kegiatan konser musik dan kegiatan sejenis lainnya.

"Termasuk juga kegiatan resepsi pernikahan yang melibatkan banyak orang. Tindakan tegas akan dilakukan pihak kepolisian jika ada masyarakat yang memang tetap memaksakan diri melangsungkan resepsi," ingatnya.

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

Kendati demikian, menurutnya, jika memang ada keadaaan mendesak dan tidak bisa dihindari melibatkan orang banyak, maka sangat dianjurkan dilakukan di tempat atau area yang luas dan mengikuti protokol pencegahan Corona sebagaimana yang diberikan pemerintah.

Dikatakannya, Pemerintah kota Solok jauh jauh hari telah membentuk gugus tugas percepatan penanganan Corona yang melibatkan berbagai unsur. Selain membangun sejumlah posko atau pusat koordinasi, tim gabungan juga sudah melakukan upaya pencegahan dengan penyemprotan.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Untuk memantau perkembangan potensi virus Corona di wilayah kota Solok , masyarakat bisa mengakses Http://corona.solokkota.go.id/. Dalam website tersebut, masyarakat dapat melihat jumlah notifikasi, ODP, PDP maupun positif Corona.

Sampai saat ini, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di kota Solok mencapai 36 orang dari 191 notifikasi. ODP merupakan orang yang kembali dari daerah terjangkit dan mengalami satu atau lebih gejala Corona, sementara notifikasi merupakan orang-orang yang memiliki riwayat perjalan dari daerah terjangkit, sementara PDP merupakan Pasien Dalam Pengawasan.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah