Pemko Solok Lakukan Konsultasi Publik Penyusunan RKPD 2021

Wawako Solok, Reinier membuka konsultasi publik penyusunan rancangan RKPD tahun 2021
Wawako Solok, Reinier membuka konsultasi publik penyusunan rancangan RKPD tahun 2021 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah kota (Pemko) Solok melakukan konsultasi publik sebagai langkah awal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2021, Senin (17/2/2020) di Aula Bappeda kota Solok .

Dalam konsultasi publik, Pemerintah kota Solok tidak hanya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah hingga lurah, namun juga dilakukan bersama instansi vertikal, BUMN, Organisasi Masyarakat (Ormas), LSM dan tokoh masyarakat.

Menurut Wakil Wali (Wawako) Kota Solok , Reinier, Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 merupakan momentum yang penting karena menjadi tahun terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok .

Baca Juga

"Ini momentum yang sangat penting bagi kita dalam merealisasikan visi dan misi serta program kerja yang sudah tertuang dalam RPJMD 2016-2021 kota Solok ," ungkap Reinier saat membuka konsultasi publik.

Sebagaimana diketahui, dalam masa kepemimpinan Zul Elfian-Reinier sebagai Wako dan Wawako Solok mengusung visi Terwujudnya Masyarakat Kota Solok yang beriman, bertaqwa dan sejahtera menuju kota perdagangan, jasa serta pendidikan yang maju dan modern.

Menurutnya, dalam penyusunan RKPD, Pemerintah daerah kota Solok tentunya juga merujuk pada RPJMN, RPJMD Sumatra Barat dan RPJMD Kota Solok tahun 2016-2021. Tujuannya, agar terwujud rencana kerja yang selaras dari pusat hingga daerah.

Menurutnya, konsultasi publik merupakan ruang dalam merumuskan rencana kerja yang berlandaskan pada kepentingan masyarakat sehingga pembangunan yang dilakukan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.

Salah satu yang menjadi perhatian Reinier adalah program yang berkaitan dengan upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Program yang dilahirkan harus betul-betul menyentuh masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Melalui forum konsultasi publik ini kita harapkan muncul aspirasi-aspirasi dari masyarakat terkait persoalan yang dihadapi di berbagai bidang, baik pembangunan infrastruktur, peningkatan UMKM dan sektor lainnya," harap Reinier.

Program yang dilahirkan nantinya dalam RKPD harus betul-betul berdampak terhadap masyarakat kota Solok . Jangan sampai, program kerja yang digodok malah jauh dari harapan masyarakat.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah