Banjir Landa Kota Solok, Wako: Prioritaskan Warga Terdampak

Wako Solok, Zul Elfian bersama Wagub Sumbar, Nasrul Abit saat meninjau kondisi banjir di Kota Solok
Wako Solok, Zul Elfian bersama Wagub Sumbar, Nasrul Abit saat meninjau kondisi banjir di Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit meninjau pemukiman warga yang terendam akibat luapan air dari aliran Batang Lembang, Kota Solok , Selasa (18/2/2020).

Wagub bersama rombongan Wako Solok mengunjungi sejumlah pemukiman yang terendam banjir, mulai dari kawasan kelurahan IX Korong, Koto Panjang dan kelurahan Simpang Rumbio.

Dalam kunjungan itu, Wagub Sumbar dan Wako Solok juga menyempatkan diri bersosialisasi dengan warga. Berbagai keluhan disampaikan masyarakat terkait musibah banjir yang sudah bisa dikatakan menjadi langganan bagi kota Solok .

Baca Juga

Hal serupa juga dilakukan Wakil Wali Kota Solok , Reinier. Sejumlah kawasan di daerah terdampak banjir menjadi sasaran kunjungan Wawako. Reinier yang didampingi pejabat dinas terkait meninjau kondisi kelurahan Tanah Garam dan Sinapa Piliang.

Tidak hanya itu, Wawako juga meninjau langsung proses pemindahan material longsor yang menimbun badan jalan di kawasan RW 6 menuju Payo. 1 unit alat berat dioperasikan untuk memindahkan material.

Usia meninjau kondisi warga, Wako dan Wawako Solok bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait langsung menggelar rapat bersama untuk penanganan banjir yang terjadi di Kota Solok .

Dalam rapat tersebut, Zul Elfian langsung memerintahkan camat dan pihak terkait untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhan warga yang terdampak banjir. Mulai dari konsumsi, upaya penyelamatan dan evakuasi serta penyediaan tenaga medis.

"Camat harus berkoordinasi dengan BPBD dan OPD terkait untuk penanganan musibah banjir, segerakan bantuan makanan dan dapur umum untuk warga yang terdampak serta penyediaan layanan medis," perintah Zul Elfian.

Petugas BPBD dan relawan yang turun membantu masyarakat juga tidak lepas dari perhatian Zul Elfian. Kebutuhan konsumsi bagi petugas jangan terabaikan sehingga bisa fokus untuk upaya penanggulangan.

Dari data sementara, setidaknya 355 KK atau sekitar 1.397 jiwa terkena dampak banjir dan longsor akibat meluapnya aliran Batang Lembang pada dinihari tadi. Banjir yang diduga akibat hujan deras itu merendam daerah sekitar aliran Batang Lembang.

Seluruh kelurahan di kota Solok terjadi musibah baik banjir maupun tanah longsor. Kendati demikian, hingga kini dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah