Tagana Muda Kota Solok Ikuti Pendidikan Dasar

Wawako Kota Solok, Reinier memasangkan tanda pengenal peserta Diksar Tagana
Wawako Kota Solok, Reinier memasangkan tanda pengenal peserta Diksar Tagana (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Sebanyak 20 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) muda kota Solok mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar), Sabtu (15/2/2020) di Nagari Tikalak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok .

Diksar Perdana bagi Tagana Muda tersebut dilakukan selama dua hari penuh dari Sabtu-Minggu, (15-16/2/2020). Kegiatan dibuka langsung Wakil Wali (Wawako) Kota Solok , Reinier dan kepala Dinas Sosial, Zulfadli.

Pada kesempatan itu, Reinier mengatakan, Tagana merupakan salah satu komponen penting dalam hal kesiapsiagaan dan tanggap bencana yang terjadi di kota Solok , termasuk daerah lainnya.

Baca Juga

"Kota Solok memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, terutama banjir dan tanah longsor. Untuk itu, kita perlu sumber daya yang terampil dan terlatih untuk meminimalisir dampak tersebut," sebutnya.

Menurut Reinier, Tagana merupakan media bagi generasi muda kota Solok untuk bisa berkontribusi positif dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, saat dan pasca bencana.

Dengan adanya pelatihan tersebut, pihaknya berharap akan lahir anggota Tagana yang memiliki kemampuan dan tangguh serta terampil dalam menjalankan berbagai misi sosial kemanusiaan yang akan dilakukan kedepannya.

"Selamat berlatih untuk anggota Tagana Muda kota Solok , manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari senior dan pemateri yang dihadirkan," pesan Reinier.

Sementara itu, Koordinator Tagana Kota Solok , Nanda Priatama menjelaskan, Diksar ditujukan untuk mengenalkan Tagana Muda kota Solok dengan berbagai hal terkait tugas dan fungsi.

"Kita juga mengahdirkan pemateri yang akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang memang harus dikuasai oleh setiap anggota Tagana, sehingga mereka lebih siap saat dibutuhkan," terangnya.

Berbagai materi diberikan kepada anggota Tagana yang mengikuti Diksar, diantaranya pengetahuan tentang menajemen kebencanaan, komunikasi lapangan, teknik evakuasi, manajemen logistik, Dapur umum dan lainnya.

Tagana Muda yang mengikuti Diksar merupakan pemuda dan pemudi kota Solok yang telah diseleksi sebelumnya. Seluruhnya berasal dari 13 kelurahan ada.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah