Rampung Dibangun, Pemko Solok Segera Manfaatkan Rusun Bantuan Kementrian

Wako Solok Zul Elfian meninjau fasilitas Rusun di jalan lingkar utara
Wako Solok Zul Elfian meninjau fasilitas Rusun di jalan lingkar utara (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Setelah rampung dibangun, Pemerintah Kota (Pemko) Solok segera memanfaatkan rumah susun (Rusun) di kawasan jalan lingkar utara, kota Solok . Rusun tersebut merupakan bantuan dari Kementrian PUPR tahun 2019.

Rusun dengan 3 lantai tersebut diperkirakan mampu menampung 45 Kelurga yang memiliki anak 2-3 orang. Selain itu, fasilitas yang tersedia cukup lengkap, masing-masing hunian memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan dapur.

Tak hanya itu, setiap hunian juga dilengkapi dengan fasilitas perabotann rumah seperti kursi tamu, meja makan, dan tempat tidur, jadi masyarakat tidak perlu lagi membeli perabotan rumah tersebut.

Baca Juga

Menurut Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian, Rusun tersebut diperuntukkan bagi masyarakat kota Solok yang tergolong berpenghasilan rendah, sehingga bisa menempati tempat tinggal yang layak huni.

"Alhamdulillah, bantuan kementrian ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat kota Solok . Kita tidak ingin, ada masyarakat yang masih tinggal di rumah yang jauh dari kata layak," terang Zul Elfian saat meninjau kesiapan Rusun.

Dijelaskannya, tahun ini, sudah masuk tahun kedua pengerjaan Rusun, secara kasat mata semuanya sudah rampung. Kabar baiknya, kendati belum menerima serah terima, namun secara lisan sudah diberikan izin bagi daerah untuk memanfaatkan.

Terkait pemanfaatan Rusun, Wali Kota menegaskan, Pemko Solok melalui OPD terkait akan melakukan seleksi yang ketat bagi yang akan menempati rusun, sehingga memang benar-benar tepat sasaran.

"Kita akan membentuk tim seleksi untuk pengajuan penempatan Rusun. Akan dilakukan dengan seketat mungkin, jangan sampai masyarakat yang harusnya bisa menempati hunian ini malah tidak kebagian," sebutnya.

Wako berharap, dengan adanya fasilitas Rusun bantuan kementrian dapat membantu mengurangi angka kemiskinan di Kota Solok , masyarakat bisa mendapatkan hunian yang layak dengan sewa terjangkau.

Terkait nominal sewa rusun, dijelaskan Wako, nanti akan disusun dalam bentuk Peraturan Walikota. "Nanti ditetapkan melalui Perwako, rencananya lantai atas sekitar Rp200 ribu perbulan, lantai 2 Rp250 ribu dan lantai dasar sekitar Rp300 ribu, akan kita kaji dan tetapkan nantinya," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman kota Solok , Jusmardi mengutarakan, tahun 2020, pihaknya akan melanjutkan pembangunan fasilitas Rusun.

"Kita masih memiliki areal kosong untuk pembangunan tempat bermain anak, sudah dianggarkan," tutupnya.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah