Penilaian LAKIP 2019, Kota Solok Kembali Raih Predikat B

Wawako Kota Solok, Reinier saat penerimaan malam penganugerahan SAKIP Award 2019 di Batam
Wawako Kota Solok, Reinier saat penerimaan malam penganugerahan SAKIP Award 2019 di Batam (Humas dan Protokol Pemko Solok)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok meraih predikat B (Baik) dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hasil penilaian tersebut diterima Wakil Wali Kota Solok , Reinier dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo di Radisson Golf & Convention Center, Batam, Senin (10/2).

Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP tahun 2019 dilakukan terhadap Pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota yang masuk dalam wilayah I yang terdiri dari seluruh Pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota di Sumatera, Jawa Barat dan Banten.

Baca Juga

Terhadap hasil itu, Wakil Wali kota Solok , Reinier mengatakan, hasil yang diraih menunjukkan tingkat efektifitas dan efesiensi penggunaan anggaran di kota Solok sudah berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, kita kembali meraih predikat B (baik) atas laporan SAKIP yang disampaikan pemko Solok tahun 2019, memang masih banyak yang perlu kita perbaiki dan benahi kedepannya," sebut Reinier.

Setidaknya, ulas Reinier, dengan hasil yang diraih kota Solok tahun 2019 menjadi acuan bagi aparatur pemerintah daerah untuk untuk meningkatkan kinerja kedepannya sesuai dengan standar dan acuan yang ada.

Reinier juga mengapresiasi kerja keras seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajaran yang telah berupaya memberikan yang terbaik dalam menyusun laporan, dan hasil predikat B bisa dipertahankan.

"Tentunya, sebagaimana yang telah ditargetkan dalam RPJM 2016-2021, diharapkan melalui kerja yang lebih keras lagi predikat A inshaAllah dapat diraih tahun depan," terangnya.

Di sisi lain, Wali kota (Wako) Solok Zul Elfian mengaku bersyukur dengan hasil yang telah raih, kendati masih belum bisa ditingkatkan. Berbagai upaya telah dilakukan OPD untuk memberikan hasil terbaik.

"Walaupun tahun ini kita belum bisa naik peringkat, secara angka, komponen penilaian akuntabilitas kinerja mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 65,67 tahun 2018 menjadi 67,04 pada tahun 2019," terangnya.

Pihaknya akan menjadikan hasil yang diperoleh sebagai bahan evaluasi kedepannya sehingga LHE-SAKIP Kota Solok tahun depan dapat ditingkatkan ke kategori yang lebih baik.

"Hasil ini tentunya akan menjadi bahan evaluasi bagi kita bersama, khususnya di jajaran pimpinan OPD dan pejabat terkait. Penerapan serta hasil evaluasi SAKIP ini akan menjadi dasar penerapan reward dan punishment bagi pimpinan dan OPD," ujarnya.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah