Ditarik dari Bagian Umum, Satpam Kota Solok Gabung ke Satpol PP dan Damkar

Wawako Solok Reinier bersama Kadis Pol-PP dan Damkar Ori Affilo menyalami petugas Satpam Kota Solok
Wawako Solok Reinier bersama Kadis Pol-PP dan Damkar Ori Affilo menyalami petugas Satpam Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Satuan Pengamanan (Satpam) yang berada di lingkungan Pemerintah kota Solok resmi berpindah naungan dari Bagian Umum sekretariat daerah ke Dinas Satpol-PP dan Damkar kota Solok.

Peralihan tersebut dilakukan lantaran adanya perubahan dan penyesuaian uraian tugas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Satpam bertugas dalam pengamanan aset-aset milik pemerintah daerah.

Peralihan kewenangan tersebut dilakukan pada apel gabungan Satpol PP dan Damkar Kota Solok, Kamis (23/1/2020) di halaman kantor Balai Kota Solok. Apel dipimpin langsung Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Reinier.

Baca Juga

Menurut Reinier, melihat fungsi dan tugasnya, Satpam lebih cocok dan berada dibawah naungan Dinas Satpol-PP dan Damkar kota Solok. Bergabungnya Satpam dalam tubuh Satpol-PP diharapkan bisa memaksimalkan tugas dan fungsi.

"Kendati sudah berpindah kewenangan dari bagian umum ke Dinas Satpol-PP kota Solok, diharapkan tidak mengurangi kinerja Satpam yang berada dilingkungan pemerintah daerah," ungkap Reinier.

Wawako meminta Satpam agar melaksanakan pekerjaan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga pengamanan dan pelayanan semakin maksimal pada wilayah kerja masing-masing.

Diingatkannya, dalam bekerja Satpam agar lebih disiplin dalam bertugas, jaga nama baik korps dan nama baik Pemerintah Kota Solok. Jangan sampai melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan yang berlaku.

"Saya ingatkan kepada seluruh Satpam, agar bekerja dengan baik dan sesuai aturan. kalau ada yang berani bertindak diluar aturan main yang telah ditetapkan, akan kami tindak tegas," tegas Reinier dihadapan seluruh petugas Satpam yang hadir.

Pihaknya meminta kepada seluruh pihak terkait agar menyesuaikan diri dengan perubahan yang dilakukan. Jangan sampai ada kelompok-kelompok. Jalin komunikasi dan koordinasi dengan baik.

"Harus tetap bersatu dan bersinergi dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Bekerja sebaik mungkin dan jaga kekompakan. Pimpinan POL-PP dan Damkar harus mampu mengatur dan memberikan bimbingan pada seluruh aparatur," tutupnya.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah