Bupati Solsel Minta Dukungan Seluruh Pihak Sukseskan Pilkada 2020

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria bersama Forkopimda saat launching Pilkada serentak 2020 di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan Senin, 20 Januari 2020.
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria bersama Forkopimda saat launching Pilkada serentak 2020 di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan Senin, 20 Januari 2020. (KLIKPOSITIF/Kaka)

SOLSEL, KLIKPOSITIF - Bupati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria berharap seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 berjalan aman, lancar dan sukses. Hal itu disampaikannya saat acara launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Solsel di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin (20/1).

Ia mengharapkan seluruh tahapan pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan pada bulan September 2020 mendatang berjalan lancar dan tidak ada yang oknum yang membuat menimbulkan kegaduhan.

"Saya minta pada seluruh stakholder agar saling bahu-membahu dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini," ujar Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

Baca Juga

Selain itu, pihaknya juga menyoroti banyaknya potensi yang akan membuat tahapan pilkada ini tidak berjalan baik, salah satunya media sosial.

Masyarakat Solsel diminta agar arif dan bijaksana dalam menggunakan media sosial. Kendati tidak dilarang, tapi pengguna media sosial hendaknya tidak membuat gaduh agar Pilkada berjalan aman, damai dan lancar.

"Jangan sampai postingan di Medsos membuat kondisi menjadi tidak kondusif. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat bermain medsos," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Solsel Nila Puspita menyebutkan dalalm launching Pilkada 2020, pihaknya menetapkan "Si Solih" (Masyarakat Solok Selatan Memilih) sebagai maskotnya.

Dijelaskannya, maskot Si Solih berbentuk lumbung padi. Oleh masyarakat di Minangkabau, hal itu dikenal sebagai Rangkiang yang menggambarkan kemakmuran Solok Selatan.

"Dengan kemakmuran Solok Selatan, KPU sudah mendapatkan anggaran untuk melaksanakan Pilkada serentak 2020," Katanya.

Selain itu imbuhnya, Si Solih menggunakan sendal datuk yang menggambarkan bahwa pemimpin tersebut bisa mengayomi masyarakat.

"Sendal datuk yang digunakan mengartikan kesederhanaan seorang pemimpin dan bisa membaur kedalam masyarakat," ujarnya.

Dia melanjutkan dalam menetapkan Maskot, setiap daerah berbeda-beda, Maskot tersebut khusus untuk Pilkada Solok Selatan.

"Kami mengajak semua masyarakat ikut menjaga jalannya pesta Pilkada 2020 supaya berjalan aman, lancar serta sukses agar terpilih pemimpin yang bisa mengayomi masyarakat," harapnya.[Kaka]

Editor: Khadijah