Warga Griya Ampang Kualo Bangun Pos Ronda Secara Swadaya

Walikota Solok Zul Elfian bersama pimpinan DPRD Efriyon Coneng meresmikan pos ronda perumahan Griya Ampang Kualo
Walikota Solok Zul Elfian bersama pimpinan DPRD Efriyon Coneng meresmikan pos ronda perumahan Griya Ampang Kualo (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Harapan masyarakat komplek perumahan Griya Ampang Kualo, Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan untuk memiliki pos ronda akhirnya terwujud. Pos ronda dibangun secara swadaya oleh warga.

Peresmian pos ronda dilakukan langsung oleh Walikota (Wako) Solok, Zul Elfian bersama pimpinan DPRD Efriyon Coneng. Turut hadir sejumlah tokoh masyarakat setempat dan segenap masyarakat komplek perumahan Griya Ampang Kualo.

Wako Solok mengaku sangat kagum dengan kepedulian masyarakat komplek Griya Ampang Kualo akan pentingnya keamanan dan ketertiban, hal itu diwujudkan dengan pembangunan pos ronda yang sangat bagus.

Baca Juga

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi masyarakat Komplek Griya Ampang Kualo yang berswadaya membangun pos ronda, ini gagasan yang luar biasa dan membuktikan warga komplek sangat kompak untuk kepentingan bersama," ungkapnya.

Menurutnya, menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan bukan saja tugas dari pihak berwajib, namun juga perlu partisipasi masyarakat. Sistem keamanan lingkungan yang dilakukan warga akan lebih efektif untuk mencegah tindak kejahatan.

Dengan adanya pos ronda, maka lalu lintas orang atau warga di malam hari lebih terkontrol. Dengan begitu, diharapkan bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti maling, perampokan dan sebagainya.

"Dengan adanya pos ronda akan semakin memperkuat jalinan silaturahmi, warga tentunya akan bergantian untuk melakukan ronda sesuai piket yang ditentukan. Akan lebih saling mengenal antara satu dan lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng menegaskan, DPRD Kota Solok siap mendukung dan membantu urusan masyarakat, terutama pelayanan yang sifatnya menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

"DPRD sebagai perwakilan masyarakat, tentunya sangat mengutamakan kepentingan dan kemajuan masyarakat. Sepanjang untuk kemajuan kota Solok, tentunya kami akan sangat mendukung," sebut Politisi PAN tersebut.

Memang diakuinya, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendukung pembangunan di kota Solok. Tidak ada artinya program yang dilahirkan pemerintah daerah bila tidak ada dukungan masyarakat.

"Pembanguan pos ronda ini merupakan salah satu wujud dukungan masyarakat terhadap program pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib," tutupnya.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah