Ratusan Perenang Ikuti Bhayangkara Championship 2020 di Kota Solok

Walikota Solok Zul Elfian menyerahkan piala secara simbolis pada ketua pelaksana kejuaraan
Walikota Solok Zul Elfian menyerahkan piala secara simbolis pada ketua pelaksana kejuaraan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Sekitar 500 Perenang dari berbagai daerah di pulau Sumatra ikut ambil bagian dalam kejuaraan Bhayangkara Championship 2020 yang diadakan di Solok Water Park, Kota Solok, Sumatra Barat.

Kejuaraan yang memperebutkan piala Walikota Solok itu berlangsung selama dua hari dari Sabtu-Minggu, 18-19 Januari 2020. Kejuaraan dibuka langsung Wali Kota Solok Zul Elfian, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Zul Elfian, kejuaraan tingkat Sumatra yang dilakukan di kota Solok menjadi ajang pemanasan dan menambah jam terbang bagi atlit-atlit renang dari berbagai daerah yang mengikuti.

Baca Juga

"Uji tanding melaluinya kejuaraan merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi atlit, mereka bisa mengukur hasil latihan keras yang dilakukan selama ini sekaligus mengevaluasi hasilnya," sebut Zul Elfian.

Selain itu, menurutnya, kejuaraan Bhayangkara Championship 2020 juga menjadi angin segar bagi perenang muda (baru) untuk membuktikan kemampuan. Pembinaan dan kejuaraan yang berkelanjutan bisa mengasah kemampuan atlit.

"Kalau atlit kita hanya berlatih dan berlatih terus tanpa ada kejuaraan, maka mereka akan bosan. Kejuaraan menjadi pemacu semangat untuk lebih giat berlatih sehingga muncul kemampuan yang sebenarnya," tuturnya.

Zul Elfian mengingatkan seluruh juri dan pelatih serta atlit untuk menjunjung sportifitas dalam pertandingan. Jangan sampai ada kecurangan yang dapat menodai spirit olahraga.

Di lain sisi, dirinya juga berharap, dengan gencarnya pelaksanaan kejuaraan bertaraf lokal dan regional di kota Solok juga menjadi sarana memperkenalkan potensi daerah pada masyarakat luar.

"Kedepan kita berharap, kota Solok lebih sering menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat nasional, sehingga kota Solok bisa lebih dikenal dan dikunjungi banyak orang. Tentunya ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat," tutupnya.

Pada Kesempatan itu, Wali Kota juga memberikan tambahan bonus bagi pemenang kejuaraan sebanyak Rp5 juta. Kegiatan pembukaan ditutup dengan penyerahan trophy club terbaik dari Wali Kota Solok Zul Elfian, SH, M.Si kepada Ketua pelaksana Doni Nasrul.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah