HUT ke-49 Kota Solok, Ini Harapan Wawako

Wakil Walikota Solok, Reinier ajak masyarakat dukung Visit kota Solok 2020
Wakil Walikota Solok, Reinier ajak masyarakat dukung Visit kota Solok 2020 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Malam resepsi yang digelar di gedung Kubuang Tigo Baleh menutup rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 kota Solok , Senin malam (16/12). Berbagai seni tradisi ikut disuguhkan pada masyarakat yang datang.

Tidak hanya itu, berbeda dibanding tahun sebelumnya, masyarakat juga disuguhkan dengan kuliner khas kota Solok yang dibuat oleh ibu-ibu Bundo Kanduang dari 13 kelurahan yang ada di kota Solok.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Solok, Reinier mengatakan, kendati dilakukan dalam bentuk yang sederhana, perayaan Hari Ulang Tahun ke-49 kota Solok sangat sarat akan makna.

Baca Juga

"Peringatan HUT ke-49 kota Solok merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT, sekaligus momentum untuk merenungi perjalanan yang telah dilakukan kota Solok, serta meneruskan cita-cita para pendiri," ungkap Reinier.

BACA JUGA: Penyempurnaan Ranperda APBD Kota Solok 2020 Ditandatangani

Kendati kota Solok tidak terkenal sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam, namun secara umum, potensi kota Solok tidak kalah dibanding dengan daerah lain. Kota Solok diuntungkan dengan letak geografis.

Posisi kota Solok yang berada persis di persimpangan jalur utama lintas Sumatra, sangat strategis untuk lebih maju dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Terutama di sektor perdagangan dan jasa serta pariwisata.

"Setiap hari, ribuan kendaraan dari berbagai daerah melintasi kota Solok, ini peluang besar bagi kita untuk menawarkan produk daerah dan jasa sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan asli daerah," terangnya.

Untuk mengoptimalkan peluang tersebut, menurut Reinier perlu peran semua pihak. Pemerintah daerah, pelaku usaha dan terlebih lagi para perantau yang mau menginvestasikan uangnya di kota Solok.

Menurutnya, inovasi-inovasi perlu dilakukan dalam menjaring investasi dari luar untuk Pengambangan Usaha Mikro Kecil Menengah, membangun infrastruktur penunjang sehingga kota Solok layak menjadi kota tujuan, bukan lagi persinggahan.

"Kita sudah mencanangkan, tahun 2020 menjadi tahun kunjungan ke kota Solok. Untuk itu, kita perlu terus berbenah dan menawarkan hal yang unik pada masyarakat luar sehingga tertarik untuk datang ke kota Solok," bebernya.

Peringatan HUT ke 49 kota Solok, cetus Reinier, menjadi momentum untuk menyamakan visi dan misi dalam memajukan kota Solok dari segala lini, sehingga daerah maju dan sejahtera yang dimimpikan bisa terwujud.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah