Pemko Solok Ajak Pelajar Promosikan Pariwisata Daerah

Wawako Solok, Reinier melepas peserta Basikincah Alam Bareh Solok 2019
Wawako Solok, Reinier melepas peserta Basikincah Alam Bareh Solok 2019 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -- Perkenalkan potensi daerah, Dinas Pariwisata kota Solok mengajak ratusan pelajar dan anggota Pramuka untuk menjelajahi berbagai objek wisata yang ada di daerah berjuluk Kota Beras Serambi Madinah, Minggu (1/12).

BACA JUGA: HUT Ke-48 Korpri, Wawako Solok Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

BACA JUGA: Solok Kota Beras Cup 2" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/61430/puluhan-tim-futsal-ikuti-turnamen-solok-kota-beras-cup-2" target="_blank">Puluhan Tim Futsal Ikuti Turnamen Solok Kota Beras Cup 2

BACA JUGA: Kota Solok " href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/61400/reakreditasi-puskesmas--tim-surveyor-kemenkes-ri-kunjungi-kota-solok" target="_blank">Reakreditasi Puskesmas, Tim Surveyor Kemenkes-RI Kunjungi Kota Solok

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

Kegiatan bertajuk Basikincah Alam Bareh Solok 2019 tersebut mengambil rute dari Taman Pramuka, Pulau Belibis menuju Sarasah Aie Batimpo. Peserta diarahkan untuk mengambil Video reportase untuk nantinya disebarkan melalui media sosial.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier mengatakan, untuk bisa "menjual" pariwisata pada masyarakat luar, tentu masyarakat kota Solok harus terlebih dahulu mengenal seluk beluk pariwisata daerah.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

"Dengan kegiatan ini, generasi muda kota Solok lebih kenal akan wisata daerah dan bisa mempromosikannya kepada masyarakat kita melalui berbagai media yang ada terutama media sosial," sebut Reinier di hadapan peserta.

Menurutnya, kota Solok memiliki berbagai objek wisata yang tidak kalah dibanding daerah lainnya. Pemerintah kota Solok terus berupaya untuk membenahinya dengan melengkapi berbagai infrastruktur penunjang.

baca juga: Pemko Solok Koordinasi Persiapan Penerapan New Normal dengan Mendagri

Dan yang tidak kalah penting, ulasnya, bagaimana mempromosikannya sehingga bisa dikenal luas oleh wisatawan. Promosi wisata tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tapi juga seluruh komponen, termasuk masyarakat.

"Banyak objek wisata yang awalnya tidak begitu dikenal, namun dengan bantuan promosi dari masyarakat sehingga bisa viral di media sosial dan dikunjungi banyak orang," terangnya.

Dikatakan Reinier, geliat pariwisata kota Solok diharapkan menjadi salah satu faktor untuk menjadikan kota Solok sebagai kota tujuan, bukan hanya sekedar persinggahan. Bertumbuhnya pariwisata akan mendorong peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah.

Setidaknya, dengan meningkatnya kunjungan masyarakat luar untuk berwisata ke kota Solok akan mendorong berkembangnya berbagai usaha, terutama usaha mikro kecil menengah yang mayoritas dilakoni oleh masyarakat.

"Mari bersama-sama kita promosikan potensi wisata yang dimiliki kota Solok kepada masyarakat luar, banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk itu. Kuncinya adalah kemauan dan kepedulian kita bersama," ajak Reinier.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah