Reakreditasi Puskesmas, Tim Surveyor Kemenkes-RI Kunjungi Kota Solok

Tim Surveyor Kemenkes RI mengunjungi Puskesmas Tanjung Paku kota Solok
Tim Surveyor Kemenkes RI mengunjungi Puskesmas Tanjung Paku kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Reakreditasi Fasilitas Kesehatan (Faskes), Tim Surveyor Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melakukan survey lapangan ke Puskesmas yang ada di Solok " href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/kategori/pemko-solok" target="_blank">kota Solok . Survey dilakukan dari 28-30 November 2019.

BACA JUGA: Solok Diserbu Penghafal Al-Quran" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/60805/seleksi-1-000-hafiz-kota-solok-diserbu-penghafal-al-quran" target="_blank">Seleksi 1.000 Hafiz Kota Solok Diserbu Penghafal Al-Quran

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

BACA JUGA: Solok Raih Swasti Saba Wistara" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/60801/untuk-ketiga-kalinya--kota-solok-raih-swasti-saba-wistara" target="_blank">Untuk Ketiga Kalinya, Kota Solok Raih Swasti Saba Wistara

Kedatangan tim surveyor dari Kemenkes RI tersebut disambut langsung Wakil Wali Kota Solok , Reinier di Puskesmas Tanjung Paku, Kamis (28/11). Turut didampingi kepala dinas kesehatan kota Solok , dr. Ambun Kadri.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

Dalam kesempatan itu, Reinier mengatakan, pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional dan daerah. Pembangunan kesehatan tidak saja dilakukan dengan melengkapi fasilitas namun juga membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

"Tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar derajat kesehatan masyarakat terus meningkat," sebut Reinier.

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional, diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. puskesmas merupakan garda depan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar.

Dikatakannya, keputusan menteri kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat merupakan landasan hukum dalam penyelenggaraan Puskesmas. Pada dasarnya, Puskesmas menjadi unit teknis pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Ditambahkannya, dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan, Puskesmas harus mengutamakan upaya preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di wilayah kerja masing-masing," harap Reinier.

Agar puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal, perlu sebuah sistim pengelolaan yang baik. Mulai dari kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Tentunya, ulas Reinier, masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu, serta dapat menjawab seluruh kebutuhan. oleh karena itu upaya peningkatan mutu Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat perlu menjadi prioritas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok , dr. Ambun Kadri mengungkapkan, Puskesmas yang ada di kota Solok khususnya Puskesmas Tanjung Paku telah banyak melakukan inovasi-inovasi dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Solok .

Pihaknya berharap, tim surveyor dapat memotret dan melakukan pembinaan terhadap puskesmas yang ada di kota Solok dalam hal peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar, sehingga bisa memperoleh akreditasi yang paripurna.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah