Tingkatkan Daya Saing, UMKM Kota Solok Butuh Pembinaan

Wakil Walikota Solok, Reinier membuka pelatihan Sulaman Pita yang digagas Perwati kota Solok
Wakil Walikota Solok, Reinier membuka pelatihan Sulaman Pita yang digagas Perwati kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Mendorong bertumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah berjuluk kota beras serambi Madinah, pemerintah kota Solok terus memberikan pembinaan bagi pelaku dan kelompok usaha.

Menurut Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier, UMKM yang mayoritas digerakkan oleh kaum ibu selama ini terbukti telah mampu menjadi tulang punggung ekonomi daerah. Termasuk dalam masa-masa krisis ekonomi.

"Pembinaan sangat dibutuhkan untuk mendorong tumbuhnya UMKM di kota Solok," ungkap Reinier saat membuka pelatihan sulaman pita, di Bunda Bordir & Sulaman, Kelurahan Simpang Rumbio, Jumat (22/11).

Baca Juga

Kegiatan yang digelar oleh Persatuan Wanita Tarbiyah Islamiyah (Perwati) Kota Solok tersebut diikuti sebanyak 50 orang peserta dengan menghadirkan instruktur yang beroengalaman dibidangnya.

Reinier berharap dengan tingginya frekuensi pelatihan UMKM di kota Solok semakin merangsang semakin banyaknya tumbuh usaha rumah tangga yang dilakoni kaum ibu, dengan memanfaatkan segenap potensi yang dimiliki.

"UMKM yang dilakoni warga kota Solok tentu kita harapkan mampu menopang perekonomian keluarga, menyerap lebih banyak tenaga kerja dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," sebut Reinier.

Memang diakuinya, masih banyak hambatan bagi pelaku UMKM kota Solok untuk mengembangkan usahanya. Terutama soal permodalan, pelaku UMKM masih tersandung untuk mengembangkan usaha.

Kendati demikian, pihak pemko Solok melalui pihak terkait terus membuka ruang bantuan permodalan dengan kredit lunak, baik dari perbankan maupun dari lembaga keuangan lainnya yang terpercaya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) kota Solok, Elfian Reinier menyambut positif adanya pelatihan yang digagas oleh Perwati kota Solok. Usaha kreatif berpeluang membantu ekonomi keluarga.

"Semoga dengan adanya pelatihan keterampilan ini bisa semakin membuka ruang inovasi bagi pelaku usaha di kota Solok sehingga bisa bersaing dalam merebut pasar, UMKM kota Solok harus menjadi raja di daerah sendiri," sebutnya memberikan motivasi.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah | Editor: -