Seleksi 1.000 Hafiz Kota Solok Diserbu Penghafal Al-Quran

Wawako SolokáReinier membuka seleksi 1000 Hafizh kota Solok di Masjid Agung Al-Muhsinin
Wawako Solok Reinier membuka seleksi 1000 Hafizh kota Solok di Masjid Agung Al-Muhsinin (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Sebanyak lebih kurang 1200 orang penghafal Al-Quran tercatat ikut serta dalam seleksi 1.000 Hafiz Kota Solok  tahun 2019. Peserta tidak saja dari kalangan pelajar namun juga ada yang sudah lanjut usia.

BACA JUGA: Dialog Politik, Pemko Solok Libatkan Ormas dan Tokoh Perempuan

BACA JUGA: Kota Solok Promosikan Wisata Daerah Melalui Pameran Foto

Baca Juga

BACA JUGA: Orientasi Lapangan, Wartawan Kota Solok Sambangi Pikiran Rakyat

Seleksi 1000 Hafiz dibuka langsung Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier, Senin (18/11) di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok. Peserta tampak sangat antusias mengulang-ulang hafalan sembari menunggu giliran diuji.

Tampak hadir, Kakan Kemenag Kota Solok Alizar, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Solok Heppy Dharmawan, pimpinan OPD di lingkup Pemko Solok, Camat, pimpinan Ponpes, Madrasah, MDTA, serta masyarakat.

Menurut Reinier, seleksi 1.000 Hafiz kota Solok 2019 merupakan salah satu kegiatan yang digagas Pemko Solok dalam rangka mendata, memotivasi dan membina para penghafal Al-Quran di kota beras.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua, yang sudah menghafal untuk terus meningkatkan hafalannya dan bagi yang masih belum semoga terangsang untuk ikut menghafal Al-Quran," sebut Reinier.

Tidak hanya itu, Reinier juga berharap seleksi 1.000 Hafiz kota Solok juga menjadi pendorong semangat bagi orang tua dan pendidik untuk lebih mengarahkan anaknya dalam meningkatkan hafalan Al-Quran.

Kabag Kesra Setda Kota Solok, Heppy Dharmawan menjelaskan, seleksi 1.000 Hafiz Kota Solok juga menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka memperkuat karakter dan identitas Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah.

"Ini juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap masyarakat dan generasi muda yang masih mau dan mampu meluangkan waktunya untuk membaca, memahami dan menghafal Al-Quran," sebut Heppy Dharmawan.

Kegiatan berlangsung dari 18-21 November 2019 di Masjid Agung Al-Muhsinin kota Solok. Panitia menyediakan penguji 2 orang dari Provinsi, 5 orang dari luar kota dan selebihnya dari kota Solok.

Peserta yang lolos seleksi, nantinya akan mendapat kesempatan untuk mengikuti prosesi Wisuda 1.000 Hafiz Kota Solok, uang tunai yang disesuaikan dengan jumlah hafalan, serta mendapatkan Kartu Identitas Hafidz Alqur'an Serambi Madinah (Hafalah).

"Kartu Hafalah ini nanti juga berfungsi sebagai kartu khusus untuk diskon belanja di minimarket, restoran, toko buku, dan lainnya yang sudah menjalin kerjasama dengan Pemko Solok," tutupnya.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah | Editor: -