Solsel Kekurangan Empat Unit Mobil Damkar

"Butuh empat unit lagi mobil damkar, untuk bisa maksimal menangani saat terjadi kebakaran"
Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar Solok Selatan, Efli Rahmat (KLIKPOSITIF/Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Solok Selatan Efli Rahmat mengungkapkan masih kekurangan empat unit mobil damkar untuk dapat secara maksimal menangani musibah kebakaran di daerah itu.

"Butuh empat unit lagi mobil damkar, untuk bisa maksimal menangani saat terjadi kebakaran," Ujar Efli Rahmat di Padang aro, Rabu 13 November 2019.

Kondisi saat ini bebernya, Pemadam Kebakaran Solsel memiliki 4 unit mobil, yang ditempatkan pada 3 posko pemadam kebakaran yaitu di Muara Labuh dua unit, Padang Aro satu unit, dan Bidar Alam satu unit.

"Mobil damkar yang di Muara Labuh untuk menangani kebakaran di tiga kecamatan, satu unit di Lubuk malako juga untuk menangani kebakaran di tiga kecamatan, jadi jangan heran jika mobil damkar telat datang saat terjadi kebakaran, itu semua karena jarak yang ditempuh cukup jauh," katanya.

Selain itu imbuhnya, empat unit mobil damkar yang ada saat ini, dengan kondisi alat sedot airnya rusak, selang semprot hanya 20 meter setiap unit mobil, sehingga mengganggu kelancaran petugas dalam bekerja.

"Saat melakukan pemadaman apabila air habis, memakai mesin sedot air biasa, sehingga juga memperlambat petugas memadamkan api," jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya membutuhkan sekitar 200 juta untuk perbaikan alat sedot termasuk tambahan selang air pada 4 unit mobil damkar tersebut.

Ia melanjukan idealnya Solsel memiliki delapan unit mobil damkar. Dengan rincian satu unit per kecamatan. Sehingga untuk tujuh kecamatan dibutuhkan tujuh unit, ditambah satu unit tambahan pusat ibukota kabupaten.

"Sudah ada empat unit, sehingga dibutuhkan empat unit lagi menuju kondisi ideal. Namun paling tidak, secara bertahap butuh 2 unit lagi agar pelayanan masyarakat menjadi lebih optimal," terangnya

Dia menambahkan untuk satu unit pengadaan mobil damkar dibutuhkan anggaran senilai Rp1,7 miliar.

"Kalau bisa di tahun 2020 ini ... Baca halaman selanjutnya