Danlantamal II Padang Resmi Tutup TMMD ke 106 di Solsel

Dandim 0309/Solok Menyerahkan Naskah Kegiatan TMMD ke 106 kepada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria disaksikan Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, saat upacara penutupan TMMD tersebut di Bidar Alam, Kamis (31/10)
Dandim 0309/Solok Menyerahkan Naskah Kegiatan TMMD ke 106 kepada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria disaksikan Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, saat upacara penutupan TMMD tersebut di Bidar Alam, Kamis (31/10) (Ist)

SOLSEL KLIKPOSITIF  Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA 2019 di wilayah Kodim 0309 Solok, di Nagari Padang Limau Sundai dan Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan Kabupaten Solok Selatan resmi ditutup Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso dengan upacara penutupan di lapangan Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel), Kamis (31/10).

"Kegiatan bangun desa ini diharapkan dapat memacu kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, khususnya di wilayah terisolir sebagai daerah sasaran program, Harapan ini selaras dengan tema pelaksanaan TMMD ke 106 tahun 2019 yaitu Melalui TMMD kita wujudkan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, Ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan lintas sektoral," kata Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso saat membacakan amanat Pangdam I Bukit Barisan saat upacara penutupan tersebut.

baca juga:

Selain itu imbuhnya, segala pembangunan yang telah terlaksana dalam program TMMD ke 106 itu hendaknya dapat dipelihara agar bertahan lama bagi masyarakat, serta dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

Dia menjelaskan Di wilayah Kodim 0309 Solok, kegiatan TMMD  dilaksanakan di Nagari Padang Limau Sundai, Solsel. Satgas TMMD beserta komponen masyarakat membangun infrastruktur pedesaan berupa pembukaan jalan baru penghubung dan kegiatan lainnya

baca juga:

Termasuk katanya, turut dilakukan peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah serta perbaikan rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana lain untuk masyarakat.

Di samping itu juga dilakukan pembangunan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

baca juga:

"Seluruh kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan itu diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat. Terlebih bagi generasi muda agar memiliki karakter bangsa yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi kemandirian Indonesia," tuturnya.

Dia berpesan agar upaya pembagunan tidak terhenti selepas TMMD berakhir. Lewat semangat gotong royong semua pihak diminta agar terus membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing.

baca juga:

"Kepada Bupati, unsur Forkopimda dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam kelancaran kegiatan TMMD ini, terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya dari saya. Mohon maaf juga atas adanya tutur kata dan perilaku prajurit saya yang kurang berkenan di hati semua pihak selama kegiatan TMMD ini," harapnya.

Bupati Solok Selatan mengatakan, keberadaan kegiatan TMMD yang diarahkan ke Nagari Padang Limau Sundai diharapkan dapat memberi motivasi pada masyarakat untuk mampu memanfaatkan potensi dan sumber dayanya dalam membangun. Sehingga berdampak positif bagi pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungan secara swakarsa dan swasembada.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan di lokasi TMMD ini diharapkan bermuara pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Khususnya, masyarakat di Nagari Padang Limau Sundai dan masyarakat Solsel umumnya," kata Muzni.

Ia juga mengapresiasi atas kerja TNI dan berbagai unsur pada TMMD di Padang Limau Sundai. Salah satu pembangunan sarana fisik adalah pembukaan jalan sepanjang 6 Km dengan lebar 10 Meter, pengerasan jalan sepanjang 2 Km, dan pemasangan gorong-gorong pada 11 titik lokasi pada ruas jalan Jorong Tanjung Durian, Nagari Padang Limau Sundai, menuju Talantan, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.

"Terimakasih telah memberikan wawasan kebangsaan untuk masyarakat kami sehingga kami bisa lebih mencintai bangsa dan negara Indonesia ini,  Terimakasih atas pelaksanaan TMMD ini karena hasilnya sangat memuaskan, karena sasaran kegiatan yang  direncanakan ternyata berhasil lebih dari yang semestinya, kami betul-betul merasa berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan diwilayah kabupaten ini., katanya.

Senada, Tokoh masyarakat yang juga ketua Bamus Padang Limau Sundai, Azwar Salim berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali tahun depan.

"Sebagai masyarakat kami inginkan percepatan pembangunan dan kami berharap kegiatan TMMD ini dapat dilaksanakan kembali tahun depan", katanya.

Diketahui, Hadir pada penutupan tersebut Kepala Staf Korem (Kasrem) 032 Wirabraja, Kolonel Inf. Edi Nurhabad dan jajaran serta beberapa Komandan Kodim, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto, Dandim 0309 Solok Letkol Arh Priyo Iswahyudi selaku Dansatgas TMMD dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

[Kaka]

Penulis: Khadijah