Pengurus Parpol kota Solok Ikuti Bimtek Administrasi Bantuan Keuangan

Wawako Solok, Reinier ingatkan partai agar bijak mengelola bantuan keuangan partai
Wawako Solok, Reinier ingatkan partai agar bijak mengelola bantuan keuangan partai (Humas dan Protokol Pemko Solok)

KLIKPOSITIF  -- Kapasitas dalam administrasi dan pengelolaan keuangan, Pemerintah kota Solok memberikan bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengurus partai politik (Parpol) se-kota Solok

Bimtek yang digelar dari 31 Oktober -3 November 2019 dipusatkan di Rocky Hotel, Kota Padang. Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Wali Kota Solok , Reinier. Turut hadir Kepala Kesbangpol Kota Solok , Fidliwendi Alfi.

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

Menurut Reinier, pengurus partai politik harus memiliki kemampuan dalam pengajuan bantuan dan pengelolaan keuangan serta pelaporan sehingga tidak berpotensi terhadap persoalan hukum di kemudian hari.

"Jangan sampai dana bantuan partai yang diberikan oleh pemerintah malah berujung persoalan hukum, makanya, sangat perlu semua pengurus partai paham akan mekanisme dan aturan mainnya," ungkap Reinier.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

Pemberian bantuan keuangan bagi partai politik yang memiliki wakilnya di kursi legislatif merupakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah, agar fungsi partai dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Diharapkannya, dengan adanya Bimtek pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan partai politik tersebut dapat menjadi bekal bagi segenap pengurus partai dalam mengajukan, mengelola dan melaporkan keuangan sesuai dengan regulasi yang ada.

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

"Semoga dengan adanya pelatihan ini, membuka cakrawala pengurus partai politik di kota Solok soal tertib administrasi bantuan partai, mulai dari tahapan pengajuan, pengelolaan hingga pertanggungjawaban," jelasnya.

Disisi lain, semakin dekatnya pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok 2020 mendatang, Reinier meminta seluruh elemen partai politik untuk bisa bersaing secara sehat.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Partai Politik juga harus mampu memposisikan diri sebagai penyejuk ditengah-tengah masyarakat. Elemen partai harus bisa memberikan contoh dalam memberikan pendidikan politik pada seluruh masyarakat.

"Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sudah didepan mata, kita berharap akan terwujud persaingan yang sehat dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan ditengah masyarakat," Tutup Reinier.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah