NPHD, KPU Kota Solok Dianggarkan Rp9 Miliar Lebih

Walikota Solok Zul Elfian menandatangani NPHD anggaran Pilkada kota Solok 2020
Walikota Solok Zul Elfian menandatangani NPHD anggaran Pilkada kota Solok 2020 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Pemerintah Kota (Pemko) Solok dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). KPU Kota Solok dianggarkan dana sebesar Rp9.255.000.000.

Dana hibah untuk Pilkada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tersebut dipecah dengan proporsi sebanyak Rp225 juta untuk tahun 2019 dan Rp 9 miliar untuk tahun 2020.

baca juga: Update Perkembangan COVID-19 di Kota Solok, 280 PPT Masih dalam Pantauan

Kesepakatan NPHD tersebut dilakukan langsung Walikota (Wako) Solok Zul Elfian dan Ketua KPU Kota Solok , Asraf Danil, Senin (21/10) di Kantor KPU Kota Solok , Tembok Kelurahan Laing.

Serah terima tersebut turut disaksikan Asisten bidang Pemerintahan Sekretariat daerah Kota Solok , Nova Elfino, Kepala Kesbangpol Kota Solok Fidli Wendi Alfi, beserta seluruh jajaran KPU Kota Solok .

baca juga: Lamang Hitam, Kuliner Unik dari Talang Babungo

Menurut Zul Elfian mengatakan, penandatanganan NPHD tersebut merupakan langkah awal dalam menyukseskan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

"Ini merupakan tugas kita bersama untuk menyukseskan Pilkada 2020 ini. Meskipun melalui proses panjang, namun hal ini merupakan suatu bukti kecintaan kita kepada Kota Solok ," sebutnya.

baca juga: Jelang Lebaran, ASN Pemko Solok Berbagi Paket Sembako

Diharapkannya, dengan ditandatangani NPHD ini semoga Pilkada Kota Solok akan dapat berjalan lancar, adil dan dapat melahirkan Wali kota dan Wakil wali kota yang terbaik untuk Kota Solok nantinya.

Ketua KPU Kota Solok , Asraf Danil mengatakan, kesiapan anggaran yang memadai sangat menentukan kualitas penyelenggaraan pesta demokrasi di kota Solok . Pemilu berkualitas akan menghasilkan pemimpin yang juga berkualitas.

baca juga: Kasus COVID-19 di Kotobaru Solok, 60 Orang Negatif, 3 Orang Uji Ulang

Berkaca pada pemilihan umum serentak tahun 2019, tingkat partisipasi masyarakat di kota Solok cukup tinggi. Hal tersebut menandakan kualitas penyelenggaraan pemilu yang semakin membaik.

"Mari bersama-sama kita sukseskan Pilkada kota Solok 2020 untuk kemajuan daerah kedepannya, partisipasi dan dukungan semua pihak sangat menentukan keberhasilan Pilkada yang akan kita laksanakan," harap Asraf Danil.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah