Wako Solok: Wujudkan Generasi Berkualitas dengan Mengonsumsi Ikan

(Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Ikan menjadi salah satu alternatif dalam pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat. Selain mudah didapat, harga sumber protein yang satu ini juga terbilang murah dan terjangkau bagi semua kalangan.

Menurut Walikota (Wako) Solok Zul Elfian, ada seg gudang manfaat yang bisa didapat dengan rutin mengkonsumsi ikan, terutama bagi anak pada masa pertumbuhan. Ikan kaya akan gizi esensial yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan.

baca juga: Update Perkembangan COVID-19 di Kota Solok, 280 PPT Masih dalam Pantauan

"Banyak masyarakat yang belum menyadari manfaat besar mengkonsumsi ikan, dan lebih memilih memakan ikan atau daging sapi, padahal nutrisi dalam ikan sangat tinggi," terang Zul Elfian saat Peringatan Hari Makan Ikan tahun 2019 di Balairung 99 Rumah Dinas Wali Kota Solok , Selasa (15/10).

Seperti diketahui, sebut Zul Elfian, selain mengandung kadar protein yang tinggi, pada ikan juga terdapat asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak. Ikan juga mengandung kalsium, vitamin D dan Fosfor untuk pertumbuhan tulang.

baca juga: Lamang Hitam, Kuliner Unik dari Talang Babungo

Untuk itu, sebutnya, anak harus dibiasakan untuk mengkonsumsi ikan sejak dini. Terutama di masa pertumbuhan. Orang tua bisa mengkreasikan masakan berbahan dasar ikan sehingga anak tidak jenuh.

"Banyak menu berbahan dasar ikan yang bisa diolah oleh orang tua dirumah, dengan citarasa yang enak dan sajian menarik akan merangsang anak untuk mau makan ikan," ajak Zul Elfian.

baca juga: Jelang Lebaran, ASN Pemko Solok Berbagi Paket Sembako

Zul Elfian meminta dinas terkait untuk menjalankan program-program peningkatan konsumsi ikan di kota Solok . Konsumsi ikan per kapita kota Solok harus menunjukkan grafik meningkat setiap tahunnya.

"Mari wujudkan generasi berkualitas dengan meningkatkan konsumsi ikan ditengah masyarakat, jangan sampai tidak ada menu ikan terhidang Diatas meja makan. Ayo makan ikan," imbau Zul Elfian.

baca juga: Kasus COVID-19 di Kotobaru Solok, 60 Orang Negatif, 3 Orang Uji Ulang

Ketua Forikan Kota Solok , Ny. Zulmiyetti Zul Elfian mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan produksi, pengembangan pengolahan produk makanan berbahan dasar ikan.

Selain itu, Dirikan kota Solok juga mengembangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui peningkatan permintaan ikan, penyebarluasan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat makan ikan.

"Kita harus merubah budaya dan persepsi yang salah tentang ikan ditengah masyarakat, ikan bukanlah makanan bagi masyarakat ekonomi lemah tapi dibutuhkan bagi semua kalangan,"jelasnya.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah