BKPSDM Kota Solok Luncurkan Aplikasi Kepo

Wako Solok Zul Elfian menekankan pentingnya inovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan.
Wako Solok Zul Elfian menekankan pentingnya inovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Permudah sistim layanan kepegawaian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) kota Solok meluncurkan aplikasi Kepegawaian Online (Kepo), Selasa (15/10) di Aula Bappeda kota Solok .

Kepala BKPSDM Kota Solok Hendaukhtri mengatakan, sejumlah fitur disematkan dalam aplikasi untuk memudahkan para pegawai dalam mengurus berbagai urusan kepegawaian, diantaranya fitur arsip online, cuti, izin menikah, permohonan mutasi dan lainnya.

baca juga: Update Perkembangan COVID-19 di Kota Solok, 280 PPT Masih dalam Pantauan

Untuk memudahkan pelaksanaan aplikasi, di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah ditunjuk satu orang admin. Nantinya, Admin tersebut bertugas untuk memfasilitasi ASN dimasing-masing OPD untuk mengupdate data masing-masing ASN ke dalam aplikasi Kepo.

"Dengan aplikasi ini, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa dengan mudah mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan kepegawaiannya, misalnya mengurus izin cuti, menikah dan keperluan lainnya," terang Hendaukhtri.

baca juga: Lamang Hitam, Kuliner Unik dari Talang Babungo

Terhadap peluncuran aplikasi Kepo tersebut, Walikota (Wako) Solok Zul Elfian mengaku sangat mendukung dengan inovasi yang dilahirkan oleh OPD kota Solok . Dengan banyaknya inovasi yang dilahirkan, semakin mempermudah tugas dan sistim pelayanan, baik terhadap pegawai, apalagi untuk masyarakat.

Zul Elfian juga berharap, seluruh OPD terus menggali inovasi dalam meningkatkan kinerja dan sistem pelayanan terhadap masyarakat. Ide dan gagasan inovasi bisa digali dari berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi sehari-hari.

baca juga: Jelang Lebaran, ASN Pemko Solok Berbagi Paket Sembako

"Kami (Wako dan Wawako) sangat mendukung dan mengapresiasi OPD yang terus bekerja keras dan mampu melahirkan inovasi, semakin banyak inovasi maka akan semakin memudahkan dan meningkatkan kinerja aparatur," sebut Zul Elfian.

Setidaknya, dengan ditunjuknya kota Solok sebagai lumbung inovasi di daerah Sumatera Barat oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, menjadi motivasi kuat bagi seluruh aparatur untuk terus melahirkan inovasi.

baca juga: Kasus COVID-19 di Kotobaru Solok, 60 Orang Negatif, 3 Orang Uji Ulang

Inovasi sudah menjadi nafas berjalannya roda organisasi di kota Solok . Seluruh organisasi perangkat daerah terus berpacu untuk melahirkan berbagai inovasi-inovasi dalam menjawab berbagai persoalan yang ada.

"Kalau ingin maju, kita harus keluar dari kebiasaan lama yang monoton dan berlindung dalam zona nyaman, ASN harus berani melakukan lompatan besar dan menyebarkan semangat inovasi dalam lingkungan kerja," tutup Zul Elfian.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah